Mohon tunggu...
Atik Idayati
Atik Idayati Mohon Tunggu... Guru - guru

lebih suka di rumah jika tidak ada perlu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Meningkatkan Konsep Bilangan Melalui Numerasi Game Berburu Harta Karun

29 November 2022   18:25 Diperbarui: 29 November 2022   18:29 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konsep bilangan merupakan himpunan benda-benda atau angka yang dapat memberikan sebuah pengertian, yang dikaitkan dengan kegiatan menghubung-hubungkan benda-benda maupun dengan lambang bilangan. Aisyah dan Siti (2020) menjelaskan bahwa pemahaman konsep bilangan sangatlah penting bagi anak. Pemahaman konsep bilangan mengenai nama, urutan, lambang dan jumlah.

Pengembangan konsep bilangan pada anak perlu kegiatan yang efektif dan menyenangkan. Belajar dengan bermain memberi kesempatan kepada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, menemukan sendiri bereksplorasi, mempraktikkan, dan mendapatkan bermacam-macam konsep serta dalam pengertian yang tidak terhitung banyaknya. 

Bermain juga dapat berinteraksi dengan temannya, saat menjelaskan apa yang akan dimainkan anak akan terlihat kemampuan kognitifnya (sofyan dalam sitompul, 2020).

Salah satu kegiatan mengenal konsep bilangan yang menyenangkan dapat diterapkan pada anak usia dini yaitu melalui kegiatan numerasi game berburu harta karun. Permainan ini sama halnya dengan memancing benda (bergambar) sebagai harta karun yang akan dipancing anak. 

Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan permainan ini yaitu tutup botol (kempyeng), kayu sebagai kailnya, magnet mainan, tali, lakban, lem, piring kertas, kartu angka, baki besar dan gambar-gambar.

Cara membuatnya :

- Untuk membuat pancing: siapkan kayu ukuran sedang kemudian dililit dengan lakban dan dibagian ujung dipasang tali dan magnet sebagai mata pancingnya.

- Untuk benda yang akan dipancing: siapkan tutup botol (kempyeng) agak banyak kemudian ditempel dengan gambar-gambar yang sama sesuai jumlah yang dibutuhkan serta gambar lain sebagai pengecohnya.

- Piring kertas untuk tempat benda yang sudah dipancing dan terdapat angka yang akan dikenalkan pada anak disetiap piringnya.

- Baki besar untuk tempat benda/harta karun yang akan dipancing anak.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun