Mohon tunggu...
Athaya Yumna
Athaya Yumna Mohon Tunggu... Lainnya - masih belajar

never lose hope

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apa sih Chinese Money Trap Itu?

4 September 2021   11:22 Diperbarui: 4 September 2021   11:36 140 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Chinese Money Trapmungkin menurut sebagian orang kata-kata tersebut adalah hal yang asing, dan masih banyak yang bertanya tentang "apasih Chinese Money Trap itu?". Chinese Money Trap adalah istilah yang  disebut untuk sistem hutang dan pembayaran yang diterapkan  oleh Pemerintah Negara China

Seperti yang disebutkan di kanal You Tube "Nas Daily", China sebagai negara yang memiliki banyak uang akan meminjamkan uangnya ke negara berkembang. 

Uang yang dipinjam akan digunakan untuk membangun infrastruktur di negara tersebut. Dan apabila negara yang meminjam tidak dapat mengembalikan uang itu, maka negara tersebut akan diambil alih China. 


Lantas apakah Indonesia termasuk negara yang tidak bisa mengembalikan hutang kepada China?. Ternyata tidak, karena seperti yang dikutip pada artikel di Kompas.com, pinjaman pemerintah tidak jatuh tempo dalam waktu yang bersamaan sehingga tidak memberatkan uang negara. 

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil disini salah satunya adalah, jangan terjebak dengan kesenangan yang sifatnya hanya sementara, dan behati-hatilah dengan benda bernama uang.

sumber:

  • kompas.com
  • You Tube Nas Daily

Terimakasih sudah membaca, mohon maaf apabila ada kesalahan :)

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan