Mohon tunggu...
Athaya Wiratri H.
Athaya Wiratri H. Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Mahasiswi

.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Pemimpin dalam Mempengaruhi Karyawannya

4 Agustus 2021   01:17 Diperbarui: 5 Agustus 2021   07:27 24 1 1 Mohon Tunggu...

Tugas penting dari seorang pemimpin adalah bagaimana cara mereka untuk mempengaruhi, membimbing, dan memberikan dampak yang positif kepada karyawannya agar tujuan yang telah ditetapkan perusahaan tercapai secara efektif. Untuk itu diperlukan keterampilan berkomunikasi yang baik agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh karyawan.

Peran komunikasi dalam kepemimpinan yang efektif sangat penting baik untuk internal dan eksternal perusahaan. Tanpa adanya keterampilan berkomunikasi yang baik dapat mengakibatkan tujuan perusahaan tidak tercapai sesuai rencana. 

Tentunya akan banyak tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, namun dengan keterampilan pemimpin untuk dapat mengkomunikasikan sebuah solusi dari masalah kepada karyawannya akan membantu karyawan mengerti apa yang harus mereka lakukan dan jalankan.

Keberhasilan seorang pemimpin dapat dinilai dari cara karyawan dapat melaksanakan tugasnya. Disiplin karyawan yang baik mencerminkan kinerja yang baik dan sebaliknya disiplin karyawan yang buruk mencerminkan kinerja yang buruk. Dalam sebuah organisasi, lingkungan kerja memungkinkan karyawan untuk menciptakan perasaan akrab. 

Lingkungan komunikasi harus diciptakan dalam lingkungan kerja yang nyaman dan bersahabat agar membangun rasa percaya diri dan antusiasme dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Kadang kala terjadi perubahan sistematis dalam suatu perusahaan dan komunikasi membantu membangun dan mempertahankan pencapaian tujuan organisasi. Hal ini dapat pemimpin lakukan dengan memberikan motivasi kepada karyawannya. 

Oleh karena itu, keterampilan komunikasi pemimpin untuk mempengaruhi karyawannya merupakan bagian sakral dalam suatu perusahaan.

Dalam buku The Leadership Experience (2018), terdapat 4 langkah yang dapat pemimpin lakukan untuk mempengaruhi karyawannya, yaitu.

Mendengarkan terlebih dahulu

Mendengarkan merupakan seni terbaik untuk membangun hubungan dengan orang lain. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Research in Personality menunjukkan bahwa ketika seseorang merasa didengarkan oleh seseorang yang mencoba mempengaruhi mereka maka akan timbul rasa suka, kepercayaan, dan komitmen mereka terhadap orang tersebut. Tidak semua orang dapat mendengarkan orang lain, mereka lebih banyak berbicara tanpa mendengarkan. Maka dari itu mendengarkan perkataan dan opini dari orang lain menjadi langkah awal untuk pemimpin dapat membangun rasa kepercayaan dan berujung menjadi pemimpin yang dapat mempengaruhi karyawannya.

Membangun kredibilitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN