Mohon tunggu...
Athallah Zufar Rafid Raihan
Athallah Zufar Rafid Raihan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pelayanan Masyarakat di Masa Pandemi Saat Bulan Ramadhan

29 Mei 2021   23:57 Diperbarui: 30 Mei 2021   00:07 57 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelayanan Masyarakat di Masa Pandemi Saat Bulan Ramadhan
Bagi-bagi Takjil di depan Kampus UMM, Malang (Dokpri)

Assalamualaikum, apa kabar semuanya? Semoga selalu diberi kesehatan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat Islam. Di bulan ini, seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Seperti tahun lalu, kita menjalankan Puasa Ramadhan ini masih di masa pandemi. Hal ini membuat beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan di bulan Ramadhan menjadi tidak bisa dilakukan.

Tetapi, situasi sekarang agak berbeda. Contohnya, jika tahun lalu kita tidak bisa menunaikan sholat tarawih di masjid secara berjamaah, maka tahun ini kita bisa menunaikannya di masjid dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selain itu, efek dari pandemi ini adalah penurunan ekonomi. Contoh, banyak karyawan yang di-PHK, restoran-restoran banyak yang sepi, tempat wisata ditutup, dan masih banyak lagi. Penurunan ekonomi ini menyebabkan kalangan yang dalam segi ekonominya masih kurang menjadi menderita.

Efek ini menyebabkan efek lainnya lagi, yaitu makin maraknya kriminalitas seperti pencurian, perampokan, dan lain-lain. Demi memenuhi kebutuhan ekonomi, maka tidak ada cara lain bagi mereka selain melakukan tindak kriminal. Tindakan ini jelas merugikan bagi masyarakat, dimana mereka semua sama-sama membutuhkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, untuk menanggulangi isu tersebut, saya dan teman-teman saya berinisiatif untuk membagikan takjil secara gratis kepada masyarakat di masa pandemi ini. Sebagai makhluk sosial, yaitu makhluk yang saling membutuhkan maka kita diharuskan untuk berperikemanusiaan terhadap sesama sesuai dengan sila ke-2 Pancasila.

Apalagi dalam Bulan Ramadhan ini, kita sebagai umat muslim diharuskan untuk menunaikan amal baik sebanyak-banyaknya, salah satunya adalah dengan bersedekah terhadap sesama. Kegiatan ini kami harap bisa membantu perekonomian masyarakat yang di masa pandemi ini sedang turun-turunnya. Kita harus mulai menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama, karena kita tinggal di negara dengan bermacam-macam suku, agama, ras penduduknya.

Jika kita tidak bisa saling peduli, toleransi, dan menghormati maka apa jadinya negara ini? Jelas negara ini akan perlahan hancur dan kembali lagi ke zaman sebelum merdeka.

Kegiatan yang kami lakukan ini juga merupakan upaya untuk memeriahkan Bulan Ramadhan. Kegiatan yang biasa dilakukan untuk memeriahkan Ramadhan antara lain adalah ngabuburit, buka puasa bersama, bagi-bagi takjil, dan masih banyak lagi. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan upaya kami untuk menyelesaikan isu kewarganegaraan melalui kegiatan pelayanan masyarakat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN