Mohon tunggu...
Atha Kirana
Atha Kirana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tips Mengelola dan Mengevaluasi Konten di Instagram untuk Bisnis

23 Juni 2021   21:30 Diperbarui: 23 Juni 2021   21:30 842
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Konten di era digitalisasi saat ini sangat dibutuhkan dan juga akan berpengaruh sekali terhadap perkembangan media sosial sebuah bisnis atau perusahaan. Media sosial instagram adalah salah satu media yang berpengaruh bagi para pelaku usaha dalam memperkenalkan dan menjalankan bisnisnya. Instagram lahir sebagai media visualisasi dan informasi yang paling banyak diminati, sehingga akan menciptakan peluang bagi para pelaku usaha dalam melakukan strategi pemasaran. Para pelaku usaha memerlukan kemampuan menjadi pembuat konten atau biasa disebut Content Creator, karena secara sadar maupun tidak, dengan membuat konten, branding atau citra bisnis mereka di media sosial akan terbentuk dengan sendirinya. 

Para audience atau calon customer yang disini merupakan warga internet aktif, akan bisa melihat dan menilai siapa dan bagaimana usaha yang dijalankan itu melalui konten yang telah dibuat. Maka dari itu, penting sekali bagi para pembuat konten untuk memilah konten apa yang akan dibagikan ke media sosial, karena baik atau buruknya pandangan audience kepada mereka, tergantung dari konten apa yang mereka bagikan. Lalu bagaimana sih cara mengelola dan mengevaluasi konten di media sosial khususnya disini Instagram dengan baik dan terkondisi? Nah, melanjutkan topik menjadi seorang Content Creator kemarin, kali ini saya akan membahas bagaimana mengelola dan mengevaluasi konten berbisnis di instagram dengan baik dan terkondisi, menurut pendapat dan pengalaman saya pribadi.

  • Perhatikan Tujuan Awal 

Mengelola sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti mengendalikan atau menyelenggarakan. Ketika para pelaku bisnis sudah memiliki tujuan yang jelas di media sosial instagram, maka pengelolaannya juga akan jelas dan terkondisi, tidak menyimpang atau belok kemana-mana. Saat mengalami masalah atau kerugian, tujuan awal akan memberi motivasi utnuk tetap berjuang melanjutkan usaha. Instagram bisnis yang sudah memiliki tujuan dari awal akan mempermudah mereka dalam membentuk dan memikirkan kira-kira konten apa yang sesuai dengan pasar dan bisnis yang dijalankan.

  • Konsisten

Lagi-lagi point konsisten selalu saya bahas, karena sejatinya konsisten adalah kunci keberhasilan. Saat sudah mengerjakan sesuatu dengan konsisten, maka akan pengerjaan selanjutnya akan lebih mantap. Agar akun instagram bisnis memiliki jangkauan yang naik secara stabil, konsistensi sangatlah diperlukan. Lebih baik lagi jika membuat kalender sendiri untuk menentukan jadwal setiap postingan agar teratur dan sesuai dengan algoritma instagram. Untuk postingan feeds, saya sarankan tidak melebihi 3 postingan perhari, itupun harus memiliki jeda waktu. Jika memposting sekaligus dalam waktu yang singkat akan menimbulkan kesan spam bagi para pengikut, kemudia menyebabkan mereka melewati postingan tersebut dengan sengaja. Dan juga jangan lupa perhatikan waktu post, lihat jam-jam berapa pengikut sedang ramai aktif, postinglah pada jam-jam tersebut

  • Jangan hanya fokus promosi

Instagram bisnis yang sekarang sudah besar dan memiliki banyak pengikut aktif adalah akun-akun yang tidak selalu mempromosikan produk atau jasa mereka setiap detiknya. Konten selingan bermanfaat ataupun menghibur dibutuhkan agar pengikut tidak merasa bosan dan jengkel. Buatlah konten menarik dan keterkaitan dengan bisnis, dan jangan melenceng jauh sehingga akan membuat audience bingung. Alternatif lain yang juga efektif adalah melakukan giveaway, ini tentu saja akan mengundang audience baru untuk mengikuti akun instagram tersebut, sehingga bisa memperluas jangkauan.

  • Maksimalkan penggunaan fitur

Fitur-fitur di instagram sangat banyak dan masih akan bertambah lagi beriringan dengan semakin canggihnya teknologi. Gunakanlah semua fitur yang tersedia untuk membuat konten instagram bisnis semakin menarik dan mengikuti perkembangan. Berikut beberapa contoh yang bisa saya berikan:

  1. Hashtag atau tagar yang relevan di setiap postingan atau instastory, ini akan meningkatkan jangkauan akun bisnis
  2. Story highlights agar para pengikut baru bisa melihat konten instastory yang telah dibagikan sebelum-sebelumnya
  3. Polling dan questions instagram, berguna untuk riset bisnis dan mengetahui apa kebutuhan audience atau customer
  4. Membuat filter instagram yang menarik dan estetik untuk memperluas jangkauan
  5. Live instagram dan berinteraksi langsung dengan audience akan membuat mereka merasa dihargai
  6. Lengkapi Bio instagram dengan penjelasan singkat dan jelas tentang akun tersebut, jika ada website untuk proses jual beli maka bisa dicantumkan langsung di bio
  7. Instagram insight yang bisa berfungsi sebagai evaluasi konten-konten yang sudah dibuat. Ini akan memudahkan pelaku usaha dalam membandingkan konten, mengukur dan melihat bagaimana kinerja masing-masing konten.
  8. Instagram shopping, ini akan memudahkan para pelaku bisnis untuk memperjelas toko, label, detail dari bisnis yang dijalankan. Calon customer juga bisa langsung melakukan transaksi dari instagram shopping.
  • Membuat Tim khusus pengelola

Ini berlaku untuk instagram bisnis ataupun milik individu yang sudah mempunyai cangkupan luas.  Mungkin terkadang akan merasa kewalahan untuk mengurus semua konten sekaligus, maka membuat tim pengelola khusus adalah jalan keluarnya. Carilah orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk memegang kendali atas konten dari masing-masing fitur yang ada di instagram. Misalnya bisa dibagi menjadi admin khusus postingan, pembuat caption, instastory, dan juga fitur terbaru instagram yaitu reels.

  • Evaluasi Rutin

Penting sekali mengevaluasi bagaimana jalannya akun instagram bisnis, bisa dilihat di fitur instagram insight yang merupakan alat analisis yang menyediakan grafis tentang tindakan pengikut dan konten. Yaitu melihat aktivitas, interaksi dari pengikut, serta reach dan impression berapa banyak yang melihat postingan. Lalu konten di instagram story, mulai dari yang melihat, jumlah balasan, bahkan jumlah pengguna yang melewatkan juga kembali dari story tersebut. Bisa juga melihat berapa banyak kunjungan profil dari promosi yang telah dilakukan serta mengetahui gender, usia, dan lokasi para pengikut instagram bisnis tersebut.

Demikian beberapa panduan mengelola dan mengevaluasi konten instagram bisnis menurut pendapat pribadi saya. Jangan ragu dan malas untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas serta jangkauan instagram bisnis. Jangan takut gagal dan takut tidak ada yang menyukai konten yang dibuat, berpikir positif dan optimis saat melakukan usaha. "Resiko terbesar adalah tidak mengambil risiko apapun. Di dunia yang berubah sangat cepat ini, satu-satunya strategi yang dijamin gagal adalah tidak mengambil risiko." -- Mark Zuckerberg 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun