Dokter
Dokter

saya adalah seorang menyukai berbagai macam sudut pandang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami dan Cepat

14 Juni 2018   16:15 Diperbarui: 16 Juni 2018   20:56 566 0 0
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami dan Cepat
askanaturopath.com

Memiliki hidung yang tersumbat tentunya menjadi hal yang dapat menganggu aktifitas, apalagi bagi anda yang memiliki aktifitas yang sibuk. Biasanya ketika seseorang yang memiliki hidung yang tersumbat sering dibarengi dengan Flue dan juga juga penyakit lainnya. Lendir atau ingus yang seharusnya keluar dari hidung seseorang malah mengendap di hidung yang dapat menganggangu pernafasan seseorang.

Selain dapat menggangu dalam aktifitas seseorang, memiliki hidung yang tersumbat dapat mengganggu pernafasan seseorang menjadi tidak nyaman. Terasa sulit untuk bernafas, terasa berat untuk bernafas dan lain sebagainya. Dan biasanya banyak orang akan teringat tentang obat Flue untuk mengatasinya agar bisa dengan cepat menghilangkan hidung tersumbat.

Terjadinya hidung tersumbat bisa menyerang siapa saja, entah itu seorang dewasa ataupun bagi seorang bayi. Terjadinya flue pada orang dewasa tidaklah terlalu sulit untuk mengkonsumsi obat atau melakukan tips lainnya, namun jika itu terjadi bagi seseorang anak-anak tentunya akan memiliki hambatan untuk memberikan obat, seperti anak tidak suka dengan obatnya dan keterbatasan obat yang di pilih, maka cara mengatasi hidung tersumbat ini bisa di coba di rumah untuk mengatasinya.

Ada beberapa jenis gangguan pernafasan yang disebabkan oleh hidung tersumbat ini, seperti hidung tersumbat sebelah atau kedua-duanya. Dengan memiliki hidung tersumbat satu saja, sudah merepotkan sekali, apalagi kedua-duanya, dan tentunya sangat merepotkan sekali bukan ?

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami dan Cepat

  • Mengkonsumsi Air hangat

Seperti yang telah di bahas di atas, bahwa lendir yang terdapat dari hidung mengendap. Degan mengkonsumsi air hangat sesering mungkin dapat membantu dalam mengencerkan hidung yang tersumbat menjadi keluar. Anda bisa memiliki minuman air putih hangat saja, atau dengan mencampurkannya dengan yang lainnya, agar lebih nikmat, seperti menggunakan lemon tea, air jeruk hangat, the hangat dan sejenisnya.

Baca Juga : 

  • Menghirup Udara hangat

Seperti cara mengkonsumsi air hangat untuk mencaikan lender yang mengendam di hidung. Dengan menghirup udara hangat dapat membantu dalam mengeluarkan cairan yang mengendap tersebut dengan mencarikannya terlebih dahhulu dengan cara ini :

  • Masak air hingga mendidih
  • Dekatkan hidung kea sap air yang mendidih tersebut dan usahakan jangan terlalu dekat karena bisa membuat wajah menjadi kepanasan atau bisa dengan mengambil satu gelas air yang sudah mendidih dan mendekatkannya ke hidung
  • Mengompress dengan Air hangat

Jika cara di atas tidak mungkin anda lakukan, misalkan sedang melaukan puasa. Maka bisa dengan melakukan cara ini. Dengan menggunakan air hangat dan handung kecil dan menempelkannya ke hidung, guna untuk menghangatkan hidung dan membuat lendir di hidung bisa mencair dan keluar dengan mudah.

  • Mengkonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas dapat membantu dalam membantu mengeluarkan lendir yang lengendap dalam hidung, dengan cara mengkonsumsi sambal atau makanan pedas lainnya. Terkadang, bukan hanya ketika Flue saja dapat membuat hidung berlendir, ketika tidak mengalami hidung tersumbat saja, dengan mengkonsumsi makanan pedas dengan porsi tertentu dapat membuat lendir di hidung seseorang dapat keluar.

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cara yang alami dan mudah untuk dilakukan.