Mohon tunggu...
Astrid Dayinta
Astrid Dayinta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jalan jalan dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Politik

Cara Pandang Masyarakat terhadap Politik

9 Agustus 2022   10:50 Diperbarui: 9 Agustus 2022   10:57 51 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saat ini seiring dengan perkembangan zaman semakin banyak kemajuan di bidang informasi. Banyak orang yang ikut andil untuk berlomba menciptakan hal baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia. Perkembangan teknologi berkembang pesat di seluruh penjuru dunia termasuk negara kita Indonesia. Jaringan internet yang sampai sat ini hampir seolah-olah menjadi kebutuhan pokokmasyarakat modern memiliki dampat positif dan negatif. 

Dengan terbukanya akses komunikasi vianternet yang menyatukan seluruh jarak dan waktu hanya dengan satu wadah, maka akan banyaksekali kesempatan bagus yang bisa didapatkan. Tak terkecuali perkembangan teknologi industriyang memang diharapkan mampu menciptakan peluang dari tatanan fasilitas dan instrumen-instrumen diberbagai elemen.

Teknologi informasi merupakan segala teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Contoh teknologi informasi adalah komputer, telepon, televisi, handphone, dan alat lain yang merupakan alat elektronik. 

Namun dengan bertambahnya kemajuan di bidang informasi tidak melulu berakibat baik, bertambahnya berita berita hoax yang beredar di masyarakat. Berita hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Penyebaran berita ini berakibat terhadap cara pandang masyarakat tentang sesuatu yang beredar salah satunya politik.

Penyebaran berita ini bisa menjadi bom besar bagi politik karena dapat membuat masyarakat memiliki cara pandang yang negatif jika membaca atau mendapatkan informasi dari sumber yang tidak terpercaya. Selain itu penyebaran informasi ini bisa menjadi permasalahan kepercayaan antara rakyat dan pemerintah. 

Dapat memecah belah kerukunan dalam masyarakat dan mengakibatkan kehidupan masyarakat yang tidak damai. Selain itu kemajuan teknologi juga berakibat pada banyaknya penipuan melalui sms, akun media sosial yang dibobol dan banyak hal negatif lainnya yang dapat ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi.

Untuk itu masyarakat perlu diingatkan agar memanfaatkan media sosial secara positif dan jangan mudah termakan isu tidak benar. Penggunaan teknologi juga harus dibatasi untuk hal hal yang bermanfaat. 

Dengan menggunakan teknologi secara bijak penyebaran berita hoax dapat ditekan dan dapat mencegah permasalahan masyarakat di kehidupan sosial serta kesalahpahaman antara masyarakat dan pemerintahan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan