Mohon tunggu...
Asti Nurizky
Asti Nurizky Mohon Tunggu... Creative Content Writer

Suka membaca, menulis, mendengarkan lagu. Tertarik dengan dunia sepak bola, literatur, dan isu sosial.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

5 Cara untuk Bisa Berdamai dengan Diri Sendiri

16 November 2019   19:13 Diperbarui: 16 November 2019   19:17 63 1 0 Mohon Tunggu...
5 Cara untuk Bisa Berdamai dengan Diri Sendiri
Image Source: Unsplash

Terlalu sering membahas percintaan diri sendiri dengan orang lain, kadang kita lupa untuk mencintai diri sendiri. Jangankan mencintai, bahkan menerima atau berdamai dengan diri sendiri aja terbilang sulit. Padahal self-love itu penting banget lho. Dengan mencintai diri sendiri kamu bisa lebih menikmati kehidupan dan bikin kamu enggak mudah berkeluh kesah karena enggak terlalu bergantung dengan orang lain.

Salah satu contoh yang paling mudah ditemukan adalah ketika kamu diminta tolong oleh teman kamu untuk melakukan hal yang enggak kamu suka. Tapi karena 'enggak enak' untuk menolak, kamu malah menerima permintaan tersebut dan kamu malah jadi enggak enak hati sendiri melakukannya karena enggak tulus atau bahkan karena kamu enggak suka melakukan hal yang diminta temen kamu. Pengalaman itu menjadi salah satu contoh bahwa kamu belum bisa mencintai diri sendiri, kamu lebih senang mencintai orang lain tanpa peduli perasaan kamu sesungguhnya.Awalnya sih nyaman, tapi kalau keseringan pasti kamu merasa begah dan menjadi racun dalam pikiran.

Hm, pernah merasakan itu nggak? Untuk itu penting banget nih meningkatkan self-love dan berdamai dengan diri sendiri.

Emang gimana caranya? Intip selengkapnya di bawah ini yuk!

1. Cari Tahu Hobi yang Disukai

Sama kayak orang lagi pacaran yang selalu diawali dengan pendekatan (PDKT), berdamai dengan diri sendiri juga diawali dengan mencari tahu apa sih hal yang disukai atau hobi apa yang dimiliki. Caranya gimana? Lakukan berbagai hal yang menurut kamu itu 'kamu banget'. Enggak usah takut untuk mencoba, lakukan aja dulu. Kalau enggak berhasil, mungkin itu bukan yang memang kamu sukai dari hati. Jadi, jajal semua hal yang ingin kamu lakukan. Hingga akhirnya, kamu akan punya hobi atau setidaknya mengetahui hal yang kamu suka. Bentuk hobi ini bisa beragam, seperti menonton konser, film, membaca buku, bahkan menulis.

Kenapa penting untuk mengatahui hal ini? Dengan hobi atau mengetahui hal yang kamu suka, kamu bisa meluapkan berbagai rasa lewat hobi kamu ini. Lewat hobi ini pula kamu bisa mengalihkan rasa stress jadi suatu hal yang menyenangkan dan buat kamu nyaman. Untuk itu, penting banget untuk kepoin hobi atau hal yang disuka.

Image Source: Unsplash
Image Source: Unsplash

2. Sering-sering Bereksplorasi

Setelah berhasil menemukan hobi yang 'kamu banget', waktunya untuk mengenal lebih dalam lagi tentang diri kamu sendiri. Caranya gimana? Eksplorasi sebanyak-banyaknya. Ikuti berbagai acara, seminar, workshop, festival atau apapun yang bisa menggali soft-skill kamu sekaligus bisa membuat kamu bertemu banyak orang. Buat yang introvert, tenang, kamu bisa melakukan ini dengan mengikuti komunitas sosial dengan isu yang kamu suka, kok. Ada beberapa dari mereka yang mengadakan kegiatan secara tertuup juga.

Dengan eksplorasi ini kamu enggak cuma berkenalan lebih dalam tentang diri sendiri tapi juga meningkatkan soft-skill maupun networking kamu. Di tahap ini juga kamu bisa mulai untuk mendobrak zona nyaman dan mulai mencari jati diri dan belajar berbagai hal yang baru kamu dapatkan.

Image source: Unsplash
Image source: Unsplash

3. Bermonolog Bisa Meningkatkan Self-love lho!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x