Mohon tunggu...
Astatik Bestari
Astatik Bestari Mohon Tunggu... Guru - Astatik ketua PKBM Bestari Jombang Jawa Timur

Pendiri Yayasan Bestari Indonesia. Domisili di Jombang Jawa Timur. Pengelola PKBM Bestari Jombang Jawa Timur. Guru MTs Darul Faizin Catakgayam Mojowarno Jombang Jawa Timur Ketua 2 DPP FTPKN Ketua bidang Peningkatan Mutu PTK DPW FK-PKBM Jatim

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Berbudaya Digital dengan Literasi dan Kesantunan

2 Juni 2024   05:12 Diperbarui: 2 Juni 2024   08:58 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era digital ini, informasi dengan mudahnya mengalir melalui berbagai platform online. Namun, di balik kemudahan akses tersebut, terdapat pula tanggung jawab besar bagi para pengguna internet untuk bijak dalam berliterasi dan berperilaku.

Menyadari hal ini, penting untuk menerapkan perilaku literasi digital yang santun, di mana kita tidak hanya kritis terhadap informasi yang diterima, tetapi juga menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan dan rasa hormat dalam berinteraksi di ruang digital.

Sebelum membagikan berita atau informasi, luangkan waktu untuk memverifikasinya dari sumber terpercaya. Pastikan informasinya akurat dan berasal dari media yang kredibel.

Memastikan berita yang dibagikan masih relevan dengan situasi terkini. Hindari menyebarkan berita lama yang berpotensi menyesatkan.

Menimbang apakah informasi tersebut bermanfaat bagi khalayak. Hindari menyebarkan informasi yang tidak penting atau berpotensi menimbulkan keresahan.

Menghargai privasi dan kehormatan orang lain. Berhati-hati dengan Foto dan video. Hindari membagikan foto dan video yang dapat menyebabkan seseorang merasa malu, terhina, atau tidak nyaman. Contohnya, foto tentang kecelakaan, bencana, kondisi sakit, atau kematian.

Hormati privasi orang lain dengan tidak menyebarkan informasi pribadi mereka tanpa persetujuan.

Selalu gunakan bahasa yang sopan dan hindari komentar-komentar negatif atau kasar.

Fokus pada konten positif. Bagikan konten yang bermanfaat, inspiratif, dan edukatif. Hindari menyebarkan konten negatif seperti hoaks, ujaran kebencian, atau SARA.

Berpikir Kritis. Jangan mudah tergoda dengan judul berita yang sensasional. Selalu analisis informasi dengan kritis dan rasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun