Mohon tunggu...
Astatik Bestari
Astatik Bestari Mohon Tunggu... Guru - Astatik ketua PKBM Bestari Jombang Jawa Timur

Pendiri Yayasan Bestari Indonesia. Domisili di Jombang Jawa Timur. Pengelola PKBM Bestari Jombang Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Apa yang Perlu Diajarkan kepada Anak untuk Ibadah di Hari Jumat?

8 Agustus 2022   05:34 Diperbarui: 8 Agustus 2022   06:38 62 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ibadah hari Jumat yang pasti adalah salat Jumat di masjid. Orang tua tentu saja tidak hanya bermodal menyuruh anak laki-lakinya.Anak laki-laki selain didorong untuk menunaikan salat Jumat, juga dibekali pengetahuan hal-hal terkait salat di masjid.

Antara lain orang tua sudah menyiapkan uang untuk mengisi kotak amal. Jika mengisi kotak amal sudah menjadi kebiasaan, orang tua tinggal mengingatkan anak laki-lakinya. Bahkan boleh jadi anaknya bertanya

"Hari ini adik ngisi kotak amal berapa, Mi?"

Selain menyiapkan uang untuk mengisi kotak amal, orang tua menyiapkan pakaian bersih, baju putih (jika punya). Dikenalkan pengetahuan kepada mereka bahwa memakai baju putih hukumnya sunah (melaksanakan perintah Rasulullah). Sedangkan memakai pakaian bersih dan baik juga dalam rangka menghormati sesama jamaah salat Jumat lainnya. Jangan sampai mereka terganggu penglihatan dan penciumannya ketika pakaian anak-anak tidak baik, baunya pun tidak harum karena sudah dipakai sejak kemarin.

Anak juga diajarkan untuk melaksanakan mandi hari Jumat. Mandi hari Jumat hukumnya sunah. Niatnya mandi sunah hari Jumat yang waktu pelaksanaannya sejak Subuh hingga menjelang salat Jumat (saat khotib naik mimbar). Lebih baik, mandi hari Jumat menjelang berangkat salat Jumat.

 Rukun mandi Jumat sama dengan rukun mandi wajib. Diawali dengan niat, kedua meratakan air keseluruhan tubuh, ketiga membersihkan najis yang menempel di badan dan keempat tertib.

Jelang berangkat ke masjid orang tua mengingatkan agar menunaikan salat tahiyatul masjid sebelum duduk menunggu rangakaian salat Jumat dimulai.  Salat tahiyatul masjid juga berlaku tiap masuk masjid di hari lainnya dan berlaku bagi laki-laki dan perempuan.

Anak laki-laki didorong agar berangkat ke masjid lebih awal. Menanamkan kebiasaan bersegera  melaksanakan kebaikan. Anak juga bisa mendengarkan khutbah Jumat dengan sempurna.

Anak laki-laki juga dipesani agar pulang atau meninggalkan masjid setelah rangkaian salat Jumat telah selesai dilaksanakan semua. Biasanya ada saja makmum salat Jumat yang segera pulang setelah selesai salat Jumat tanpa ikut wiridan dan doa lainnya setelah salat Jumat.

Keutamaan ibadah secara umum di hari Jumat yang dilaksanakan laki-laki dan perempuan adalah memperbanyak membaca salawat nabi. Sebelum orang tua mengajarkan kepada anak-anak mereka, orang tua sudah terbiasa membaca salawat nabi sejak Kamis malam hingga hari Jumat.

Untuk kesekian kalinya, orang tua seharusnya punya komitmen, mengajari anak beribadah itu tidak menganggap sebagai sedang bermain peran atau drama. Ketika anak diajarkan berbagai macam  ibadah di hari Jumat, maka anak sebenarnya memang  sedang beribadah. Standar atau capaian pembelajaran yang dipakai orang tua adalah anak memahami dan melaksanakan dengan benar pengetahuan berbagai macam ibadah di hari Jumat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan