Mohon tunggu...
Yulianto
Yulianto Mohon Tunggu... Penerjemah - Menulis saja

Menulis saja

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Sebelum Berolahraga Di Bulan Puasa, Yuk Simak Saran Berikut Ini!

10 Mei 2020   23:54 Diperbarui: 10 Mei 2020   23:53 373 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi olahraga (liputan6.com)

Salah satu aktivitas yang tak boleh ditinggalkan meskipun sedang berpuasa adalah berolahraga. Aktivitas ini sangat penting dilakukan terutama di bulan Ramadan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghidari kebiasaan tidur berlama-lama saat puasa.

Tetapi sebelum melakukan aktivitas ini, beberapa hal seperti: pemilihan waktu dan jenis olahraga yang tepat tentu perlu menjadi pertimbangan. Hal ini perlu dilakukan agar olahraga yang dilakukan bisa memberikan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan.

Nah sebagai bahan referensi bagi teman-teman yang belum tahu akan berolahraga apa dan berencana akan mengisi bulan Ramadan dengan berolahraga. Keluarga dan beberapa teman saya ingin memberikan sedikit saran dan tips mengenai berolahraga di bulan Ramadan.

Ingat umur dan jangan olahraga di sore hari

Dokpri
Dokpri

Ibu saya menyarankan sebelum berolahraga pertimbangan faktor umurmu terlebih dahulu. Jika umurmu masih cukup muda, kalian bebas memilih olahraga apapun meskipun olahraga tersebut akan menguras banyak tenaga. Tetapi jika umurmu sudah cukup tua, cukup berolahraga ringan saja. Takutnya bukannya sehat yang didapat justru sakit yang diderita akibat terlalu memaksakan diri saat berolahraga. Dan khusus bagi ibu rumah tangga, 'jangan olahraga di sore hari' kata beliau. Takutnya nanti pas menyiapkan buka puasa, ibu-ibu bisa keteteran.

Ibu saya sendiri lebih suka melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di bulan puasa ini. Beliau suka melakukan olahraga ini sebab faktor umur, beliau sudah tua. Olahraga ini pun tak membutuhkan terlalu banyak tenaga untuk dilakukan. Walaupun tak menguras banyak tenaga, olahraga ini tetap berhasil membuat ibu saya merasa bugar setiap hari dan tak gampang mengantuk.

Beliau suka melakukan olahraga ini di waktu pagi hari selepas melaksanakan salat subuh. Beliau biasa menghabiskan waktu sekitar 30 sampai 45 menit untuk melakukan olahraga ini. Jalur yang dipilih beliau saat melakukan aktivitas ini biasanya di sepanjang lorong di depan rumah. Seringkali beliau tetap mengenakan mukenahnya saat melakukan olahraga ini. Saya pun sering menemani beliau melakukan olahraga ini.

Lakukan olahraga yang kamu sukai

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan