Mohon tunggu...
Asroful Anam
Asroful Anam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Freelance Illustrator

Seseorang Mahasiswa yang hanya ingin menjadi Komikus dan Menghasilkan uang secara mandiri

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Minder? Lakukan Hal-Hal Berikut agar Dirimu "Optimis" Lagi!

23 Oktober 2021   21:20 Diperbarui: 23 Oktober 2021   21:21 38 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pernahkah kamu merasa bahwa apapun yang kamu lakukan itu salah menurutmu? atau pernahkah kamu beranggapan bahwa hasil usahamu selalu salah dimatamu sedangkan orang lain belum tentu beranggapan demikian? 

Jika benar, Maka kamu mengalami rasa tidak percaya diri atau sering disebut orang sebagai rasa minder. Rasa Minder tak jarang dialami oleh satu orang saja, melainkan banyak orang yang mengalami Minder terutama dalam kehidupan sehari-hari. Minder pun disebabkan oleh banyak sekali faktor, diantaranya adalah Faktor Lingkungan, Perkataan satu individu atau kelompok yang menyinggung, dan masih banyak lagi. 

Banyak orang mengatasi minder dengan beragam cara, namun terkadang rasa minder masih melekat karena seseorang telah megalami kejadian yang membuatnya menjadikan apa yang dilakukannya benar-benar "salah" menurutnya. Meskipun begitu, masih ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi Minder. 

1. Jauhi Lingkungan Penyebab Minder kamu

Semua perilaku manusia pastilah selalu berawal dari lingkungannya. contoh nyatanya saja Jika seorang anak berada pada linhkungan dengan budaya sopan santun yang tinggi, kemungkinan besar itu akan berpengaruh kepada kepribadian sang anak. Begitupula dengan Kamu yang mengalami minder, pastilah berawal dari lingkungan yang membentuk kepribadianmu. salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjauh secara perlahan dari lingkungan tempatmu berada adalah jauhi hal-hal seperti gosip tentangmu dll. secara perlahan-lahan dan pasti kamu akan lepas dari kepribadian itu dengan sendirinya.

2. Bergaul dengan orang yang memiliki pikiran positif

Pergaulan juga membentuk Kepribadian Seseorang. Orang yang Positif akan selalu membicarakan hal-hal baik yang akan membuat kepribadianmu terbentuk. tak jarang juga orang positif terus menyemangati dirinya maupun orang lain, sebab Orang Positif selalu berfikir "Semua orang harus merasa bahagia, karena jika mereka bahagia aku-pun akan bahagia". 

3.  Kenali lebih dalam Kelebihanmu

Setiap Manusia pastilah memiliki kelebihan, tak peduli sebanyak apapun kekurangan yang dimiliki tidak mengubah fakta bahwa manusia selalu punya setidaknya satu Kelebihan. dengan mengenali Kelebihanmu, kamu akan tersadar bahwa kelebihan itu adalah salah satu hal yang mungkin saja bisa menjadi "senjata" bagimu. Tak perlu banyak Kelebihan, sebab jika kamu ahli dalam satu bidang dalam dirimu itu sudah lebih dari cukup untuk menunjukkan fakta bahwa dirimu bukanlah seseorang yang "tidak berguna".

4. Jangan Bandingkan dirimu dengan orang lain

Salah satu hal yang menghancurkan Kepercayaan dirimu terkadang bukanlah faktor dari luar, namun dari dalam dirimu sendiri. Ketika kamu membandingkan dirimu dengan orang lain, yang terjadi adalah kamu akan mengalami perasaan bahwa kamu tidak lebih baik dari orang tersebut. Apalagi bila kamu membandingkan dirimu dengan orang yang Prestasinya lebih baik darimu, yang ada dirimu akan semakin tersiksa secara batin. Jika memang kamu meraih satu hal, Cukup Syukuri hal tersebut dan ingatlah Poin ke 3. "Setiap Manusia punya kelebihan masing-masing".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan