Mohon tunggu...
Ashriati Arifin
Ashriati Arifin Mohon Tunggu... Asisten Rumah Tangga - Seorang istri dan seorang ibu dari seorang dara cantik jelita.

Menulis dengan riang gembira

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Sinergi Destinasi Wisata Danau Toba dan UKM, Solusi Pemulihan Ekonomi Nasional

26 September 2021   16:44 Diperbarui: 26 September 2021   17:15 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Danau Toba (wikipedia.org)

Sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi andalan pendapatan daerah, sebagai antisipasi merosotnya pendapatan daerah dari sektor lain. 

Kekayaan alam Indonesia dengan keaneka ragaman seni dan budaya yang dimiliki ke 26 provinsinya dapat menjadi sebuah peluang untuk meningkatkan pendapatan daerah, yang tentunya akan berpengaruh bagi  perbaikan perekonomian nasional.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang dikutip dari tayangan ulang Wisuda ke XX UMN yang disiarkan melalui jaringan youtube. 

Dalam sambutannya di acara tersebut, Sandiaga Uno mengatakan bahwa, Pandemi Covid-19 telah memberi dampak yang cukup signifikan kepada seluruh sektor, tidak terkecuali sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Namun menurutnya, masyarakat harus tetap optimis dan bangkit karena ada 34 juta orang Indonesia yang menggantungkan hidup pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Dia juga menyampaikan bahwa melalui inovasi, adaptasi dan kolaborasi maka destinasi pariwisata diharapkan mampu bertranformasi dan bisa normal kembali.

Keindahan alam baik gunung ataupun pantai, menjadi sesuatu yang menarik untuk dieksplor oleh para wisatawan. Bali menjadi salah satu contoh daerah dengan pendapatan tertinggi dari sektor pariwisata. Menyusul kemudian Belitung, dengan keindahan pantainya yang masih bersih, menjadi sorotan para wisatawan. 

Tidak hanya Bali dan Belitung, Indonesia masih memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan tujuan wisata, salah satunya adalah Danau Toba yang ada di Sumatera Utara.

Terlepas dari cerita mitos tentang terbentuknya Danau Toba, pada jutaan tahun yang lalu telah terjadi sebuah letusan gunung api yang maha dasyat, yang akhirnya membentuk sebuah danau dan pulau yakni Danau Toba dan pulau-pulau di sekitar Danau, di antaranya adalah Pulau Samosir yang memiliki keindahan alam yang begitu memesona.

Danau Toba adalah danau terdalam di dunia dengan 1001 keunikan pulau yang ada di sekitarnya. Tak salah jika Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kemudian memilih Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) "DSP Toba"sebagai  tujuan wisata melalui kampanye "Wonderful Indonesia".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun