Mohon tunggu...
ASRI MASUDAH
ASRI MASUDAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Saya merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Prodi PGSD. Saya ingin berbagi pengalaman melalui tulisan yang saya buat.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sosialisasi Keputrian dan Keputraan untuk Bekal Menghadapi Masa Remaja Awal di SD Sukahati 01 dan SD Sukahati 02

9 Agustus 2022   07:14 Diperbarui: 12 Agustus 2022   12:43 156 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

img-2399-1-62f261ab3555e47912264ad4.png
img-2399-1-62f261ab3555e47912264ad4.png
Pada masa usia sekolah dasar siswa memiliki perubahan yang sangat berbeda baik secara mental maupun secara fisik. Di masa akhir usia sekolah dasar yaitu pada usia 12-13 tahun, anak perempuan mengalami perkembangan akhir seperti mengalami menstruasi. Dan pada anak laki-laki akan mengalami perkembangan tahap perkembangan yang baru akan di mulai. 

Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut kita sebagai orang dewasa baik sebagai orang tua ataupun guru harus senantiasa memberikan edukasi serta pendampingan ekstra berupa perhatian terhadap perubahan-perubahan yang dialami oleh para siswa. 

Keputrian dan keputraan ini merupakan salah satu program edukasi berupa sosialisasi untuk siswa remaja awal yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN kelompok 157 di desa Cinunuk tepatnya di RW 12 Cipondoh Girang. Sasaran dari keputrian dan keputraan ini adalah siswa sekolah dasar untuk jenjang kelas 5 dan kelas 6 SD Sukahati 01 dan SD Sukahati 02. 

Sebelumnya kami melaksanakan wawancara dengan  guru memang belum ada kegiatan sosialisasi di luar pembelajaran tentang keputrian dan keputraan. 

img-2391-62f25f9da51c6f3a3c3d20d4.png
img-2391-62f25f9da51c6f3a3c3d20d4.png

Program sosialisasi keputrian dan keputraan ini dilaksanakan dikarenakan kesadaran pentingnya materi tentang kesehatan yang perlu dijelaskan di luar pembelajaran. 

Selain itu berdasarkan hasil wawancara siswa perempuan mendapati bahwa mereka memiliki kebingungan ketika menghadapi masa remaja terkhusus ketika mendapati menstruasi awal. 

Hal ini akan menjadi bekal khususnya bagi siswa sekolah dasar yang mana sedang berada di masa kanak-kanak akhir atau sudah berada di fase usia remaja. 

Dalam pelaksanaan keputrian ini dibagi menjadi 2 rombel yaitu ada rombel putra (putra kelas 5 dan kelas 6) dan rombel putri (putri kelas 5 dan kelas 6). Tujuan dipisah menjadi 2 rombel ini ditujukan sesuai dengan materi yang diajarkan. 

Pada rombel putra disosialisasikan tentang bagaimana menjaga kebersihan diri mulai dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki yaitu mulai dari kebersihan dan kerapian  rambut, kebersihan kulit, kebersihan tangan kuku dan kaki, kebersihan mulut dan hidung, kebersihan telinga dan mata, serta etika buang air kecil dan buang air besar yang benar menurut kesehatan dan menurut agama. Kemudian juga dijelaskan bagaimana akibat ketika tidak merawat kebersihan diri dengan benar. 

Pada rombel putri disosialisilan tentang bagaimana menghadapi menstruasi pertama kali dan bagaimana cara menjaga diri ketika menstruasi yaitu mulai dari pengertian menstruasi, tanda-tanda menstruasi dan apa yang harus dilakukan. Keputrian ini juga berisikan tips-tips menjaga kebersihan diri ketika beranjak menjadi remaja seperti cara memakai pembalut, cara mengatasi bau badan, cara mandi besar, dan cara menjaga keamanan diri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan