Mohon tunggu...
Asril Adam
Asril Adam Mohon Tunggu... Sahabat kopi

Berproses itu berarti menikmati seni

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Misteri Covid-19

1 April 2020   16:08 Diperbarui: 1 April 2020   16:12 13 0 0 Mohon Tunggu...

Munculnya Covid-19 telah mengacaukan banyak negara, baik dari fisik maupun psikis. Tidak hanya penyakit yang mematikan yang menjadi ancaman, tetapi kekacauan dari sektor-sektor lain yang akan berdampak terhadap stabilitas suatu negara juga menjadi taruhan. 

Ekonomi adalah salah satunya, banyak negara yang mengalami kemerosotan di sektor ekonominya. Kemunculan Covid-19 sendiri masih menjadi kontroversi. 

Dari dunia kesehata, virus ini dikatakan berasal dari hewan, tepat yang ada di pasar Wuhan, China. Tetapi apakah itu benar, kita yang tidak memiliki pengetahuan tentang kesehata tentu menganggap itu adalah suatu kebenaran apalagi yang mengatakan itu dari para pakar kesehatan. 

Tetapi alasan itu terasa membingungkan, apakah ini terjadi secara kebetulan ?, Mengapa baru sekarang terjadi ?, Bukankah perdagangan dan makan hewan itu kebiasaan yang sudah ada sebelumnya, bahkan jauh di zaman berburu orang-orang sudah melakukannya. 

Kita memang tidak tahu tentang apa saja yang terjadi di zaman dulu, tentang penyakit apa yang melanda mereka atau obat apa yang mereka pakai. Tetapi bukankah hidup itu pewarisan, dari generasi ke genarasi, dan adanya kehidupan sekarang tentu merupakan lanjutan dari kehidupan dulu. Saya bukan tidak percaya pada ilmu kesehatan, dan bukan itu yang ingin kubahas sebab saya bukanlah ahli kesehatan. 

Tetapi saya berpikir ini bukan hanya kejadian yang kebetulan saja. Banyak juga pendapat yang mengatakan bahwa virus ini adalah sejata biologi yang bocor pada saluran laboratorium yang ada di Wuhan, China. 

Pendapat ini masuk akal jika disandingkan dengan kebiasaan orang mengonsumsi hewan sejak dulu. Dan jika itu kebenarannya berarti semua ini terjadi secara tidak sengaja. Dan jika virus itu adalah senjata, berarti itu adalah pertahanan yang hanya menunggu waktu yang tepat untuk menggunakannya. 

Yang artinya kita akan tetap merasakannya jika negara kita bermasalah kepada negara pemilik senjata biologi itu. Tetapi ada juga pendapat versi lain, bahwa virus ini adalah buatan dari negara Amerika yang difitnahkan ke China. 

Dan untuk apa, mengapa tidak melakukan serangan terang-terangan kalau memang tidak suka, mengapa harus dengan cara memfitnah. Untuk itu mari kita berpikir sejenak, sekarang yang menguasai pasar perekonomian dunia adalah Amerika dan China di urutan kedua, dan ada pengamatan bahwa China akan mengalahkan Amerika. 

Dan wajar saja jika Amerika melakukan sesuatu terhadap China untuk mempertahankan kekuasaannya. Tetapi mengapa harus dengan cara memfitnah, di sini tampaknya permainan politiknya, menjaga hargadiri, martabat dan kepercayaan adalah yang terperting. 

Jika serangan dilakukan secara terang-terangan maka negara lain yang selama ini bergantung kepadanya akan kehilangan kepercayaan dan kemungkinan terburuknya bisa berpindah mitra. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x