Mohon tunggu...
Asri Apri Tri Lianti Putri
Asri Apri Tri Lianti Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universias Pendidikan Indonesia

Hobi membaca dan Menonton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Membersihkan Masjid Kurang Terawat dalam Upaya Pengabdian kepada Masyarakat

11 Agustus 2022   09:23 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:35 60 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mahasiswa KKN UPI daerah Bungursari melakukan kerja bakti disalah satu masjid kurang terawat di area kantor kecamatan Bungursari kabupaten Purwakarta, Rabu (20/07). Kegiatan tersebut berlangsung dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya masjid tersebut biasa digunakan oleh para pegawai kecamatan Bungursari dan perangkat desa Bungursari untuk menjalankan ibadah solat saat jam istirahat bekerja, namun saat Covid-19 mulai menyebar dan mengakibatkan work from home, masjid tersebut juga terbilang jauh dari pemukiman warga hal ini menyebabkan masjid sepi dan masjid sangat jarang sekali digunakan dan dibersihkan, yang pada akhirnya menjadi masjid kurang terawat.  Hal ini membuat tim KKN kami, tergerak untuk membersihkan masjid tersebut agar dapat digunakan kembali sebagaimana mestinya.

Sesuai dengan ungkapan " kebersihan sebagian dari iman" sudah semestinya masjid yang menjadi tempat ibadah haruslah bersih dan suci. Apalagi islam sangat mengajarkan untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun kita berada, maka dari itu kebersihan masjid, mushola maupun tempat ibadah lainnya patut menjadi perhatian mahasiswa KKN UPI.

Kerja bakti yang merupakan salah satu kebudayaan masyarakat desa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat terselesaikan. Kegiatan kerja bakti ini biasa dilakukan masyarakat secara bersama-sama, biasanya bertujuan untuk membangun berbagai infrastruktur dan membersihkan lingkungan daerah sekitar yang dilakukan secara gotong royong.


Kegiatan kerja bakti tersebut di mulai dari membersihkan karpet-karpet yang berdebu, membersihkan sarang laba-laba yang ada di langit-langit masjid, membersihkan jendela menggunakan kain lap, membersihkan dan merapikan rak tempat Al-qur'an, mencuci mukena dan sajadah yang ada di masjid, juga tak lupa dengan menyapu dan mengepel lantai masjid. Selain itu mahasiswa KKN UPI juga membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu yang ada di masjid dengan menyikatnya.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri
Sebelum melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan masjid yang kurang terawat tersebut, mahasiswa KKN telah meminta izin kepada pihak kecamatan dan desa Bungursari untuk membersihkan masjid dan membuat tindak lanjut dari kegiatan kerja bakti membersihkan masjid yaitu berupa pembuatan jadwal piket masjid yang di isi oleh para pegawai kecamatan dan perangkat desa Bungursari dengan harapan agar kebersihan masjid terus terjaga. Setelah kegiatan kerja bakti tersebut masjid terlihat lebih bersih, dan terawat sehingga para jamaah dapat beribadah dengan lebih nyaman.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan