Mohon tunggu...
Aspiansyah Tibyan
Aspiansyah Tibyan Mohon Tunggu... Penulis - Catatan harian dari penyangga IKN Nusantara.

ASN instansi vertikal yang bertugas di Kabupaten Tabalong Kalsel, penyangga IKN Nusantara.

Selanjutnya

Tutup

Politik

IKN: Pilpres 2024

19 Juni 2022   16:30 Diperbarui: 19 Juni 2022   17:08 114 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Apakah suatu kebetulan bahwa tahap pertama pembangunan IKN direncanakan rampung pada 2024? Sehingga upacara 17 Agustus 2024 nanti dilaksanakan di IKN. Dan pemerintah pusat telah berkantor di IKN pada 2024.

Setelah 2024, Pak Jokowi dan para pembantunya sudah selesai tugasnya. Tapi legasinya mungkin akan tetap ada. Dan mungkin juga akan dibiarkan saja, tidak diapa-apakan lagi, tidak dilanjutkan lagi, dibiarkan mangkrak oleh yang meneruskannya. Wajar saja ada kekhawatiran kalau IKN ini akan diabaikan oleh presiden selanjutnya.

Tapi apa ia dana triliunan yang sudah dikeluarkan untuk membangun IKN sampai 2024 itu dibiarkan hilang percuma? Kita sebagai rakyat dan bangsa tentu tidak rela itu menjadi sia - sia. Ini negara bung, bukan warung kopi di desa pedalaman. Dana yang dikeluarkan tidak main-main, triliunan. Coba bayangkan jika uang itu dibelikan kerupuk, seberapa banyak kerupuk yang didapat? Maka tidak ada kata lain, selain meneruskannya, sampai tuntas. Siapapun presidennya.

Maka akan menarik jika nanti pada saat kampanye dan debat pilpres, pertanyaan-pertanyaan tentang IKN dielaborasi. Dari situ kita akan tau apa rencana para calon presiden itu terhadap IKN. Dan dari situ, orang - orang Kalimantan, orang - orang luar Jawa, maupun orang - orang Jawa yang pro IKN akan menentukan siapa calon presiden pilihannya.

Salam Indonesia Maju!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan