Mohon tunggu...
asniati dawolo
asniati dawolo Mohon Tunggu... Penulis - peneliti

membaca, menulis, bucin,

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fenomena Bahasa Indonesia dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Era Globalisasi

9 Desember 2022   19:48 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:57 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

FENOMENA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA  DALAM PERKEMBANGAN

ILMU PENGETAHUAN DI ERA GLOBALISASI

 

Perkembangan Bahasa Indonesia

Kurniawan  (2012:  8)  mengatakan bahwa sebagai alat integrasi bangsa, ada beberapa sifat potensial yang dimiliki bahasa Indonesia:

(1) bahasa Indonesia telah terbukti dapat  mempersatukan bangsa Indonesia yang multicultural, (2)bahasa Indonesia bersifat  demokratis dan egaliter,

(3) bahasa indonesia bersifat terbuka/transparan, dan

(4)bahasa  Indonesia sudah mulai mengglobal.

            Pertama, sejak  zaman  perjuangan kemerdekaan, bahasa Indonesia selalu tampil memainkan perannya dan telah berhasil membangkitkan serta menggalang semangat  kebangsaan(nasionalisme) atau semangat perjuangan dalam mengantarkan rakyat Indonesia  ke depan pintu  gerbang kemerdekaan Indonesia. Kedua, bahasa Indonesia sebagai bahasa  persatuan maupun sebagai bahasa negara telah berperan dan berfungsi secara  efektif sebagai sarana komunikasi perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia.Ketiga, bahasa Indonesia  bersifat terbuka (transparan). Artinya, bahasa Indonesia dapat beradaptasi dengan bahasa-bahasa lain dan mudah menerima unsur-unsur fonologi,morfologi, dan unsur  semantik.Keempat, bahasa Indonesia sudah mulai mengglobal, dewasa ini bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa asing yang popular dan digemari oleh bangsa lain.

            Bahasa asing yang dominan dipakai di negara indonesia adalah bahasa Inggris. Kecenderungan untuk menggunakan kata Inggris, yang sebetulnya ada  pandangnya  dalam bahasa  Indonesia, menunjukkan tanda tanda semakin meningkat ketimbang sebaliknya.  Orang  jadi  bertanya-tanya tidakkah  nanti  bahasa  Indonesia  jadi sederet akar kata benda dan kata kerja bahasa Inggris  yang  dirangkai sesamanya dengan kata depan dan kata hubung bahasa Indonesia. Namun ada kemungkinan  bahwa  bentuk  bahasa Indonesia biasa jika berbicara dengan golongan bawah. Jika hal  ini  sampai terjadi, salah satu alasan utama untuk memilih  bahasa  Indonesia  sebagai bahasa  nasional,  sampai  mengalahkan bahasa Jawa yang banyak penuturnya,telah di ke samping kan.

            Sampai  pada  tahun  1990-an penggunaan  bahasa  asing,  khususnya bahasa inggris sangat menonjol di dalam beberapa bentuk peristilahan. Perusahaan perumahan merupakan salah satu bidang usaha perdagangan dan jasa yang sangat banyak  menggunakan  istilah-istilah bahasa Inggris untuk hasil atau pun jasa yang  ditawarkannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun