Mohon tunggu...
asni asueb
asni asueb Mohon Tunggu... Mencoba kembali di dunia menulis

Seorang ibu rumah tangga yang senang menulis, sempat berlalu dari dunia menulis dan kembali terdampar di dunia menulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bukanlah Sebuah Kemenangan Jika Hati Masih Tertutup

15 Mei 2021   01:05 Diperbarui: 15 Mei 2021   01:14 57 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukanlah Sebuah Kemenangan Jika Hati Masih Tertutup
Ilustrasi https://penandpiano.wordpress.com/2012/11/15/kemenangan-hati/amp/

Satu hari lagi semua akan berakhir, mencapai kemenangan! Kemenangan yang bagaimana? Adakah sebuah kemenangan tak kala hati merasakan perih atas perilaku seseorang? Akankah kemenangan akan didapat tak kala jiwa pun masih mengingat luka lama yang tak jua mengering. Kemenangan yang bagaimana yang diinginkan!

Kemenangan yang bagaimana yang kita inginkan jika tanpa kita tahu apa kesalahan  fatal hingga berani memutuskan tali silaturahmi. Kemenangan yang bagaimana lagi yang akan kita capai ketika pengganti orang tua kita tidak  di anggap, bertamu dengan sebuah keikhlasan tanpa disajikan  segelas air putih apa lagi sepiring makanan yang ada hanya lima iris pempek yang dingin. Adakah sebuah kemenangan! sedangkan Islam menganjurkan untuk memuliakan tamu sebagai ketaqwaan kepada agama dan penghargaan terhadap diri sendiri.

Kualitas seseorang akan terlihat bagaimana dia menerima dan memuliakan tamunya, terlebih tamu itu adalah kerabat, pengganti orang tua, adik ibunya. Sudah banyak contoh yang diberi, bagaimana seorang nabi Ibrahim memuliakan tamunya walau sekalipun tamu itu tak dikenalnya namun tetap memperlakukan tamunya dengan baik

Keutamaan memuliakan tamu adalah sebuah kemenangan.

1. Mendapat pahala seperti ibadah haji dan Umroh

Tamu datang adalah sebuah keberkahan bagi kita dan rahmat dari Allah Subhana hua ta'ala 

" Jika seorang tamu masuk ke dalam rumah mukmin maka akan ada seribu keberkahan dan rahmat yang ia dapat. Allah akan menulis kepada pemilik rumah,  setiap kali suap  makanan yang dimakan tamu seperti pahala haji dan Umroh," (Ibnu Abas radhiyallahu 'anhuma)

2. Menjadi ladang sedekah

"Haknya tamu lebih dari tiga hari adalah sedekah," Sebuah hadis dari (HR Abu Daud)

3. Kemuliaan surga

"Hai anak perempuan bawalah kesini teman teman walau sedikit makanan, karena saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Kemuliaan akhlaq termasuk termasuk amalan surga" (HR Thabrani)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN