Mohon tunggu...
asni asueb
asni asueb Mohon Tunggu... Mencoba kembali di dunia menulis

Seorang ibu rumah tangga yang senang menulis, sempat berlalu dari dunia menulis dan kembali terdampar di dunia menulis.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Cerah Pagi bersama Si Cantik Wafel

6 April 2021   13:41 Diperbarui: 6 April 2021   13:48 73 8 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cerah Pagi bersama Si Cantik Wafel
Dok. pribadi

Sudah lama tidak buat camilan wafel , pagi ini sedikit menyibukkan diri di dapur untuk membuat sarapan pagi buat si bungsu yang sedang ujian akhir dan untuk cintaku yang bersiap siap berangkat kerja. 

Wafel dikenal karena rupanya yang khas, yang dicetak bundar atau kotak dan mempunyai motif kotak di permukaannya. 

Paling enak dinikmati selagi hangat dengan tekstur luar kering, renyah dan gurih dalamnya lembut.

Wafel biasanya disajikan bersama sirup atau madu namun sekarang lebih beragam  lagi cara penyajian dari toping coklat, es krim, buah buahan. 

Menurut informasi   wafel di temukan sejak jaman Neolitikum .  Menurut Thenibblr.com diperkirakan dari era Mediterania kuno sebagai makanan kue pipih yang dimasak di atas batu panas.  Sekitar tahun 6000 - 2000 SM.

Ide Sarang Lebah

Pada masa 1200--550 SM, barang-barang dari logam mulai diciptakan. Salah satunya, piring besi dan tempat pemanggangan atau loyang.

Masyarakat pada masa ini pun mulai mengenal makanan yang dipanggang di atas loyang. Alat pemanggang yang memiliki dua sisi juga mulai dibuat untuk mempercepat proses memasak. 

Ide bentuk kotak kotak itu berasal dari seorang pengrajin yang ingin membuat motif seperti sarang lebah. Sebutan wafel berasal dari Perancis kuno,wafla yang artinya potongan sarang lebah.

Makanan ini malah diidentikan  dengan makanan kalangan bawah karena bahan makanan hanya menggunakan tepung dan air yang di panggang dengan cetakan wafel.

Warga yang lebih mampu kemudian menambahkan bahan telur dan susu dalam adonan. Setelah matang mereka menyantapnya dengan olesan mentega dan madu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN