Mohon tunggu...
Nok Asna
Nok Asna Mohon Tunggu... Penikmat Ilmu dan Seni.

Mau informasi seputar perencanaan keluarga dan parenting? kunjungi--> https://skata.info/

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

9 Tempat yang Layak Jadi Tujuan Liburan Anda Selanjutnya

9 November 2018   14:47 Diperbarui: 8 Juli 2019   13:56 0 7 0 Mohon Tunggu...
9 Tempat yang Layak Jadi Tujuan Liburan Anda Selanjutnya
Teluk Ambon (dok pri)

Indonesia adalah negeri yang terdiri dari pulau-pulau eksotis yang berpotensi menjadi tempat wisata. Keragaman adat dan budaya membuatnya semakin menarik untuk diketahui. 

Pelosok-pelosok daerah yang jarang dijamah justru tersembunyilah keindahan alam yang membuat mata menyala. Wisata Indonesia yang unik tentu sangat bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengisi libur akhir tahun, juga libur tahun baru atau pun sejenak meninggalkan tumpukan pekerjaan yang tiada akhirnya.

Libur akhir tahun sebentar lagi akan datang. Jatah cuti kerja yang belum sempat diambil karena ritme pekerjaan yang padat menunggu dimanfaatkan untuk menikmati keindahan alam bersama keluarga atau sahabat karib. Well, Gaes! Berikut 9 tempat yang layak diperhitungkan untuk mengisi liburan anda.

1. Maluku

Tahun 2015 lalu saya mendapat kesempatan menginjakkan kaki di kota Ambon, kota yang penuh harmoni. Ambon mempunyai deretan pantai yang indah. Hasil laut yang berlimpah membuat saya kenyang dengan makanan laut yang mantul karena seafood yang ada mati hanya sekali alias masih segar. Selain pantai Ora, pantai yang terkenal di Ambon adalah pantai Natsepa. 

Menikmati deburan ombak pantai Natsepa belum lengkap jika tidak ditemani dengan seporsi rujak Natsepa yang rasanya ngangenin. Kita bisa menikmati olahan ikan di tempat makan yang terletak di tepian teluk Ambon sembari menikmati pemandangan teluk.

Perjalanan waktu itu berlanjut menuju kota Tual, sebuah kota pemekaran dari Maluku Tenggara. Kota ini bisa diakses dengan pesawat dari bandara Pattimura menuju bandara Karel Sadsuitubun di Langgur. Waktu yang diperlukan kurang lebih 30-40 menit. Maluku Tenggara dan kota Tual dipisahkan dengan jembatan saja. Setiap kali melihat pantai rasanya melihat kaca yang jernih. 

Kei (dok.pri)
Kei (dok.pri)
Pantai yang sempat saya kunjungi adalah pantai Ohoi Lilir dan pantai Pasir Panjang. Menunggu senja di pantai Ohoi Lilir ditemani dengan olahan ikan dan pisang goreng khas buatan penduduk setempat adalah kenikmatan yang sulit dilupakan.

Pantai Pasir Panjang adalah salah satu pantai terindah yang pernah saya kunjungi. Pasir putihnya selembut tepung dan bahkan konon menurut penduduk sekitar telah dinobatkan sebagai pasir terhalus nomor 2 di dunia. Pantainya masih sepi dari pengunjung sehingga berasa pantai milik pribadi. 

Pantai Pasir Panjang (dok pri)
Pantai Pasir Panjang (dok pri)
Kapal bersandar di Pantai Pasir Panjang (dok.pri)
Kapal bersandar di Pantai Pasir Panjang (dok.pri)
Selain kedua tempat tersebut, jangan lupa mampir ke Pulau Bair. Saya belum berhasil mencapai pulau Bair karena pada waktu itu speedboat yang saya tumpangi tersangkut karang dan hampir kehabisan bahan bakar. 

Kami baru berhasil menuju daratan pada malam hari. Namun, saya sempat melihat karang berwarna-warni saat laut surut. Sungguh indah, tanpa menyelam tapi sudah bisa melihat karang yang indah. Oh, ya. selain seafood, jika ke Maluku Tenggara bolehlah mencoba embal (makanan khas daerah yang terbuat dari singkong yang beracun).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN