Mohon tunggu...
Asiya Maryam Sandoval
Asiya Maryam Sandoval Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar Sekolah

Tugas PKN

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Perkembangan IPTEK di Bidang Kesehatan

12 Februari 2022   20:23 Diperbarui: 12 Februari 2022   20:40 484 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Di era modern, manusia dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk dipisahkan. Manusia dari masa ke masa selalu berpikir dan mencari ide baru dalam mengembangkan teknologi untuk membantu manusia dalam segala hal, tak terkecuali di bidang kesehatan.

Berkat perkembangan teknologi di bidang kesehatan, banyak nyawa manusia yang dapat tertolong, banyak penyakit yang dapat disembuhkan, dan meminimalkan risiko-risiko yang dapat terjadi pada proses pengobatan. Hal tersebut berdampak pada harapan hidup manusia yang menjadi lebih tinggi.

Terdapat banyak sekali alat kesehatan yang telah dikembangkan hingga saat ini, mulai dari teknologi yang simpel yang dapat kita miliki hingga teknologi kompleks seperti yang tersedia di rumah sakit. Misalnya di bagian radiologi, terdapat alat-alat kesehatan yang canggih seperti Computed Tomography Scan (CT-Scan), Magnetic Resonance Imaging (MRI), dan MSCT 128 Slices Dual Sources. Dengan teknologi tersebut dan teknologi kesehatan lainnya yang akan terus berkembang, tentu akan lebih memudahkan dokter dalam mendiagnosis penyakit atau kelainan pasien.

Terdapat pula aplikasi pelayanan kesehatan yang memungkinkan pasien untuk dapat berkonsultasi dengan dokter secara daring hingga dapat memesan obat tanpa harus datang ke apotek secara langsung.

Selain itu, dengan adanya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang kesehatan, para peneliti dapat menciptakan vaksin dan obat yang berperan penting dalam mengobati berbagai penyakit.

Di masa yang akan datang, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pastinya akan terus berkembang dan alat-alat kesehatan akan menjadi lebih canggih, terlebih lagi dengan bantuan Artificial Intelligence (AI). Diharapkan pula akan ditemukan obat untuk penyakit-penyakit yang hingga kini masih belum ditemukan obatnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan