Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mandalika-Lombok, Lengkap dengan Legenda, Alam dan Aktivitas Olahraganya

13 November 2021   16:05 Diperbarui: 13 November 2021   19:36 502 26 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Segara Anakan dilihat dari puncak Gunung Rinjani (dok ig Dimas Ramadhan)

Nama Mandalika  tak lepas dari berbagai cerita mitos ataupun legenda. Berangkat dari cerita mulut ke mulut itulah maka keberadaan Mandalika -Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) ternyata berasal dari legenda  cerita rakyat. Dahulu kala ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja dan ratu yang bijaksana. Kemudian lahirlah seorang putri berparas jelita yang diberi nama Putri Mandalika.

Putri Mandalika tumbuh menjadi sosok gadis pujaan dan  menerima banyak lamaran , sehingga membuat dirinya bingung memilih pasangan. Akhirnya Putri Mandalika bersemadi demi meminta petunjuk.

Akhirnya Putri Mandalika mengumpulkan seluruh orang yang menyukainya di Bukit Seger dan memberi tahu keputusan yang telah diambilnya. Namun, bukan nama seseorang yang disebut Putri Mandalika, dirinya justru terjun ke bawah Pantai Seger dan menghilang terbawa ombak. Semua orang yang hadir menyaksikan langsung ikut terjun berusaha menyelamatkan Putri Mandalika, tapi Putri Mandalika telah tenggelam dan tidak bisa dicari lagi.

Kisahnya  tiap tahun dirayakan  dengan perayaan upacara Bau Nyale yang selalu diadakan setiap tahunnya. Bau Nyale sendiri merupakan ritual mencari cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika yang menghilang setelah terjun dari atas Bukit Seger ke Pantai Seger.

Nama Mandalika dari cerita rakyat itulah yang dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) di Pulau Lombok. Ada lima DSP yang dikembangkan yaitu  di Indonesia Aja, yaitu Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

Salah satunya DSP adalah Mandalika telah lama dikenal sebagai ikon pariwisata Wonderful Indonesia di kawasan Pulau Lombok. DSP Mandalika-Lombok, sebagai salah satu dari 5 DSP, memiliki potensi wisata alam yang unggul yaitu beberapa pantai terbaik seperti Kuta Mandalika, Tanjung Bango, Selong Belanak, Kepulauan Gili, Gunung Rinjani, Bukit Merese, Tetebatu, Air Terjun Sendang Gile, Desa Bilok Petung, Hutan Monyet Pusuk dan Desa Sasak Sade.

Kawasan Mandalika Lombok (dok indonesia.travel/ id)
Kawasan Mandalika Lombok (dok indonesia.travel/ id)

Penetapan Mandalika - Lombok sebagai salah satu DSP di Indonesia Aja ini tak hanya menawarkan destinasi wisata premium bagi wisatawan.Tetapi juga  mendorong perekonomian dan pembangunan berkelanjutan. Untuk membangkitkan kembali pariwisata, maka perlu dikembangkan beberapa cabang olahraga ini perlu menjadi fokus pemerintah dan masyarakat di Mandalika. Selain pesonanya yang menakjubkan, Mandalika menawarkan banyak tempat wisata untuk wisatawan umum dan  pecinta wisata olahraga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Uno  telah mencanangkan Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Olahraga atau yang lebih dikenal dengan Sport Tourism Destination.

DSP Mandalika sebagai Wonderful Indonesia  menyimpan banyak potensi wisata olahraga  seperti: lari, triathlon, pendakian gunung, trekking, motocross, bersepeda, renang, motorGp, dan snorkeling . Serta bisa juga dilakukan  olahraga ekstrem seperti  selancar dan paralayang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan