Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Museum Antropologi Nasional Meksiko, Tujuan Wisata Utama di Mexico City

16 Agustus 2021   15:39 Diperbarui: 20 Agustus 2021   10:32 666 18 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Museum Antropologi Nasional Meksiko, Tujuan Wisata Utama di Mexico City
Reruntuhan kuil Piramida Teotihuacan yang terkenal menjadi fokus pengunjung/dok pribadi

Apabila anda berkesempatan untuk mengunjungi Negara Meksiko terutama di ibukotanya Mexico City, wisata museum dapat menjadi pilihan untuk tujuan wisata Anda. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Museum Antropologi Nasional yang dalam Bahasa Meksiko dikenal sebagai Museo Nacional de Antropologia (MNA).

MNA adalah museum terbesar di Kawasan Amerika Utara yang lokasinya di Negara Meksiko. Terletak di area antara Paseo de la Reforma dan Jalan Mahatma Gandhi dalam Taman Chapultepec di pusat Kota Mexico City.

Museum ini berisi artefak arkeologi dan antropologi yang signifikan dari warisan pra-Columbus Meksiko, seperti Batu Matahari (atau kalender Aztec batu) dan patung Aztec Xochipilli.

Selain itu, ditampilkan juga benda-benda purbakala yang ditemukan di dasar cenote, lubang pengorbanan manusia Suku Maya yang hidup di Semenanjung Yucatan.

Berkunjung ke MNA tidak mungkin bisa selesai hanya dalam waktu kunjungan satu hari saja. Terutama karena luas bangunan dan halaman museumnya sangat luas sekitar 20 hektar, menampilkan 23 ruangan diorama pameran dan beberapa taman bunga dengan rumput yang menghijau.

Di luar gedung, di plaza utama ada air mancur yang menghibur ketika waktunya pengunjung beristirahat duduk-duduk setelah capek berkeliling di MNA.

Karena populer dan gratis tiket masuk MNA untuk penduduk Meksiko, tidak heran MNA sangat ramai dengan penduduk lokal. Saya berkunjung Ketika hari Minggu, pengunjung berjubel dan kurang bisa focus menikmati benda-benda artefak yang dipajang. Jam buka MNA mulai pukul 09.00 pagi sampai pukul 19.00 malam. 

Tidak heran jumlah pengunjung museum, sekitar tiga juta pengunjung setiap tahunnya. Sebelum masuk ruangan semua barang dalam tas diperiksa petugas. Tas besar tidak boleh dibawa masuk dan ada locker untuk tempat penitipan barang.

Saya telah mengunjungi banyak museum di seluruh dunia dan MNA adalah salah satu museum yang membuat saya terkesan dan favorit saya. Situs pariwisata Tripadvisor.com memberi rating 5 bintang untuk museum ini, dan mendapat 20.000 ulasan dari turis seluruh dunia yang rata-rata sangat terkesan dengan banyaknya artefac arkeologi di MNA.

Barang artefak yang dipamerkan di MNA menuntun saya melalui sejarah dan evolusi langkah demi langkah peradaban tertentu. Saya melihat ribuan artefak dari kebudayaan Aztec, Maya, Tenochtitlan, Toltec, dan peradaban-peradaban lain yang pernah menghuni Mesoamerika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan