Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Tips Urus Visa USA agar Lolos

26 Juni 2019   13:41 Diperbarui: 29 Juni 2019   10:59 10144 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Urus Visa USA agar Lolos
Bersyukur visa USA disetujui (dok pribadi(

Sewaktu ada tiket promo ke kota San Fransisco, Amerika Serikat dengan harga Rp 6 juta pp, awalnya saya ragu akan membeli karena masalah isu visa Amerika Serikat yang konon katanya susah disetujui.

Tapi karena selama ini saya sudah memiliki visa schengen dan Inggris (UK) yang sudah pernah diurus sendiri maka saya beranikan dengan anak Dimas Ramadhan untuk mengurus visa USA sendiri.

Memang jejak visa di paspor yang kita miliki akan mempermudah pengurusan visa USA daripada hanya memiliki paspor baru dan kosong. Sebelum urus visa USA sebaiknya kita telah pergi ke negara tetangga misalnya Singapura atau ada cap visa Jepang dan Korea Selatan. Sangat dipermudah dengan adanya jejak visa negara maju di paspor.

Visa disetujui 5 tahun (dok pribadi)
Visa disetujui 5 tahun (dok pribadi)

Awal mula  yang harus diperhatikan dalam adalah cara mengisi formulir online DS160:

Yang utama mengisi formulir harus sesuai data yaitu nama sesuai paspor dan akte kelahiran, isi alamat sesuai KTP, pendidikan sesuai ijazah terakhir. Pekerjaan harus runut mulai tempat kerja awal sampai  tempat kerja terakhir ditulis.

 Formulir online ketika diisi bisa disave sehingga bisa dilanjutkan ketika istirahat mengisinya. Formulir harus diiisi dengan benar dan teliti sebelum disubmit karena tidak dapat diedit. Jika diedit nomor registrasinya berubah. Jadi pastikan diisi dengan teliti.

Bagi yang tidak mahir bahasa Inggris, jangan khawatir karena semua isian form sudah ada terjemahannya.

Form terdiri dari 7 bagian yang terdiri dari:

a. Data diri, alamat, informasi paspor (form 1)

b. Tujuan perjalanan (form 2)

c. Kontak di Amerika (kolega bisnis, saudara jika ada, atau nomor kontak hotel) (form 3).

d. Data informasi keluarga (form 4)

e. Data pekerjaan dan pendidikan (isi yang lengkap pengalaman pekerjaan, jika pindah-pindah pekerjaan cantumkan, pendidikan diisi lengkap juga berdasarkan jenjang dan tahun lulus) (form 5)

f. Security and Background Information (berisi tentang apakah punya penyakit menular, pernah terlibat kriminal, drugs, dan sebagainya, baca dengan cermat dan isi semua dengan NO) (form 6)

g. Location information (berisi di mana lokasi untuk mengambil paspor dan visa yang sudah dicetak) (form 7).

Selesai, setelah itu akan ada email berisi Confirmation Number. Emailnya dikirim ke email yang kita isi dan kemudian kita diberi nomer
Virtual Account di CMIB Bank.

Setelah mendapat confirmation number, kita bisa membayar dengan ATM apabila memiliki rekening CMB Niaga. Tetapi bisa juga melalui teller dengan membayar tunai di  CIMB Niaga sesuai dengan nominal yang dicantumkan dengan menuliskan virtual account yang telah diberikan sebesar 160 $ US atau Rp 2.300.000 per orang per visa.

dokpri
dokpri
Setelah selesai membayar, kita menunggu 24 jam untuk dapat membuka jadwal janji wawancara.Setelah jadwal wawancara keluar kita bisa memilih jadwal mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WIB setiap hari Senin sampai Jumat.

Visanya saya dan dimas dapat 5 tahun (dok pribadi)
Visanya saya dan dimas dapat 5 tahun (dok pribadi)
Sesi Wawancara
Tahap ini yang paling menentukan adalah saat wawancara. Kita dijadwalkan setengah jam sebelum jadwal wawancara untuk hadir di halaman Kedutaan Amerika Serikat untuk pengecekan nama di paspor dan menunjukkan jadwal wawancara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN