Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Manfaat Tanaman dari Pekarangan Rumah

28 Maret 2019   14:36 Diperbarui: 28 Maret 2019   15:49 143 2 2 Mohon Tunggu...
Manfaat Tanaman dari Pekarangan Rumah
Foto: dokpri

Memasak dari hasil kebun sendiri tentu berbeda rasanya dengan bahan dari belanja di pasar. Apalagi kalau kita sendiri yang memetik bahannya. Ternyata bunga telang banyak manfaatnya bisa untuk pewarna makanan, teh herbal, dan lalapan.

Setiap bulan komunitas Kebaya, Buku dan Kopi melakukan acara sharing berbagai disiplin ilmu.

Tema bulan ini adalah Pekarangan sebagai Sumber Pangan, Sabtu, 23 Maret 2019 di Yayasan Kebun Raya Indonesia, Ciganjur dengan alamat Jalan Mohammad Kafi 1 Kav. 123 No. 36A, Ciganjur, Jagakarsa, Ciganjur, Jakarta Selatan

Acara yang dihadiri ibu-ibu dengan memakai kebaya menyaksikan acara demo memasak dengan menggunakan bahan tanaman pekarangan rumah. Demo masak dilakukan oleh Mbak Febi dari MHF Kitchen.

Tanaman dari pekarangan rumah jangan disepelekan bisa jadi dimanfaatkan untuk bahan memasak dan menjadi obat. Bunga telang tanaman merambat itu ternyata banyak manfaatnya.

Siang yang cerah itu peserta mendapat ilmu baru resep memasak nasi uduk bunga telang yang menghasilkan nasi uduk berwarna ungu hasil dari campuran beras dan air pewarna dari bunga telang

Bunga telang bisa juga digunakan untuk infuse water dicampur dengan perasan air jeruk dan madu.

Daun kelor juga tidak hanya digunakan untuk sayur tapi bisa untuk botok dengan campuran tempe, kelapa, teri yang memberikan banyak vitamin.

Foto: dokpri
Foto: dokpri

Ternyata bunga telang bisa juga untuk lalapan mentah bisa dimakan dengan dicolek di sambal matah atau sambal tuna rasanya enak kayak bunga turi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x