ita DK
ita DK penulis travel

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Geopark Ciletuh di Sukabumi Perlu Dipromosikan

11 Februari 2019   17:37 Diperbarui: 11 Februari 2019   20:49 329 12 7
 Geopark Ciletuh di Sukabumi Perlu Dipromosikan
Titik point Geopark Ciletuh dari atas Pucak Bukit Darma (dok asita)

Ketika liburan ke Sukabumi minggu lalu saya penasaran untuk mendatangi kawasan Geopark Ciletuh yang lokasi wisatanya mulai pantai, gunung, desa wisata, air terjun, semua lengkap dalam satu kawasan mulai Pantai Ujung Genteng, Pantai Pelabuhan Ratu sampai di Pantai Palangpang yang luasnya 128 ribu hektar mencakup 8 kecamatan di Kabupaten Sukabumi Jabar.

Taman Bumi Nasional Ciletuh-Palabuhan Ratu adalah sebuah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, budaya melalui prinsip konservasi, edukasi dan pembangunan yang berkelanjutan di 8 kecamatan di satu kawasan Taman Bumi Nasional Palabuhanratu.

Geopark Ciletuh juga telah diakui UNESCO sebagai Global Geopark pada tahun lalu, berkat warisan geologi yang luar biasa. Selain itu, di dalamnya juga terdapat keanekaragaman hayati dan budaya, serta memiliki lanskap alam yang sangat istimewa. 

Sangat banyak pilihan curug yang bisa dikunjungi sehingga perlu ada waktu khusus kalau semua ingin didatangi. Alam yang masih belum tersentuh dan hijau menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan.

Keistimewaan yang ditawarkan membuat Sukabumi mulai diminati milenial. Banyak traveler yang mengunggah instagram dengan hastag #geoparkciletuh

Ada hampir 100.000 foto instagram Geopark Ciletuh yang kebanyakan diupload para milineal. Destinasi wisata di Geopark Ciletuh masih banyak yang asri, hijau  belum tersentuh teknologi, alias masih alami dan mengesankan.

Salah satu vila yang unik di geopark (dok asita)
Salah satu vila yang unik di geopark (dok asita)
Kalau  tertarik dengan suasana alam seperti air terjun, hutan dan panorama pantai yang ditampilkan di Geopark Ciletuh, beberapa tempat wisata yang sudah saya datangi ada beberapa untuk agenda liburan traveler berikutnya. Banyak pilihan vila baru bentuk yang unik untuk menginap dan titik point foto yang instagramable.

Kawasan  geopark ini satu-satunya  di Jabar yang masih perlu dikembangkan.Karena ada beberapa titik tujuan wisata contoh nya air terjun atau curug yang belum siap infrastrukturnya seperti akses jalan yang masih berbatu dan bergelombang belum diaspal. Perlu juga promosi yang matang agar menjadi tujuan wisatawan asing mau berkunjung di sini.

Kalau ingin mengunjungi seluruh tempat titik tujuan wisata Ciletuh perlu waktu sampai empat hari. Karena saya hanya punya waktu satu hari dengan anak saya Dimas Ramadhan dari arah  Sukabumi ke Ciletuh pulang pergi, maka ada beberapa tempat yang telah saya datangi di antaranya:

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng (dok asita)
Pantai Ujung Genteng (dok asita)
Pantai Ujung Genteng sudah lama dikenal sebagai tempat pelestarian hewan penyu selain memiliki pantai berpasir putih. Dengan pantai yang landai dan garis yang panjang, ombaknya juga cukup eksotik turis bisa bersantai mandi bersama dengan keluarganya karena ombaknya tidak besar.

Tidak hanya bisa bersantai, berjemur atau bahkan bermain di pantainya, foto pre wedding  untuk pasangan yang akan menikah dengan latar belakang sunset di Ujung Genteng pasti menarik dengan warna langit merona merah di kala sunset.

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang titik nol geopark (dok asita)
Pantai Palangpang titik nol geopark (dok asita)
Tulisan berwarna kuning dengan tulisan " Geopark Ciletuh" di pantainya menjadi titik nol untuk memasuki kawasan Ciletuh dari arah laut. Pantainya cukup luas dan panjang, ideal sebagai spot bermain dan bersantai. 

Pantai ini juga dipergunakan tempat mendarat bagi kegiatan paralayang. Momen paling bagus adalah pada saat sunset dan mengambil foto sunsetnya dari ketinggian. 

Di seputar Pantai Palangpang telah banyak tumbuh baru setahun terakhir ini vila-vila yang tumbuh subur dengan bentuk unik khas Ciletuh yaitu vila dengan atap segitiga kerucut yang banyak di tepi pantai. Sehari tarifnya mulai Rp 300.000 sampai Rp 1 juta.

Puncak Darma

Puncak darma (dokpri)
Puncak darma (dokpri)
Ini adalah titik tertinggi di kawasan pinggir jalan sebelum turis datang ke Pantai Palangpang. Berada di ketinggian lebih dari 230 mdpl, Puncak Darma menjadi lokasi paling pas untuk bisa menyaksikan keindahan pantai, sawah, hutan, gunung dan  samudera yang luas serta air terjun di Geopark Ciletuh dari kejauhan. 

Ada titik point foto  dari jembatan kayu untuk mengambil spot foto yang kalau liburan pasti antri  untuk mengambil foto. Dari kejauhan kelihatan  sawah dan hutan yang menghijau, aliran sungai dan birunya laut membuat panorama alam yang bisa dilihat dari Puncak Darma membuat ingin lama untuk mengambil spot foto disini. Momen paling asyik adalah dengan menikmati sunrise dari Puncak Darma.

Puncak Tugu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2