ita DK
ita DK penulis travel

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Indahnya Danau Barat di Kota Hangzhou, Tuan Rumah Asian Games 2022

1 September 2018   21:37 Diperbarui: 3 September 2018   12:48 2443 5 4
Indahnya Danau Barat di Kota Hangzhou, Tuan Rumah Asian Games 2022
Danau Barat dg kuil berada di tengah (dok pribadi)

Asian Games 2018 di Jakarta akan berakhir.Minggu besok akan dilakukan acara penutupan. Sudah diputuskan Asian Games 2022 akan diselenggarakan di Kota Hangzhou, Cina.

 Kota yang sejuk dengan adanya danau tepat di tengah kota ini lebih cocok disebut kota melepas penat atau istirahat. Hawanya  sejuk mirip udara di Bandung. Yang membedakan karena adanya danau di tengah kota membuat pusat hiburan semua ada di seputar Danau Barat namanya.

Saya mengagumi air danau yang berkilau, dengan latar belakang pegunungan berkabut, dan pagoda besar menandai  kawasan  dengan keindahan alam yang lokasinya pas di tengah kota. 

Danau yang indah  ini,  telah mengilhami banyak pujangga dan seniman untuk menciptakan karya seni. Jack Ma trilyuner terkaya dunia berasal dari Hangzhou ketika mengawali kariernya sebagai guru sekolah. Juga pusat bisnis Alibaba ada di kota yang santai ini.

Tidak heran Jack Ma sengaja hadir pada penutupan Asian Games 2018 di Jakarta karena dia ditunjuk sebagai salah satu panitia Asian Games 2022 nanti.

banyak pengantin foto disini (dok pribadi)
banyak pengantin foto disini (dok pribadi)
Danau Barat adalah danau air tawar yang sangat luas di  pusat kota Hangzhou. Danau ini terbagi menjadi lima bagian oleh tiga pematang. 

Ada juga berbagai kebun, pagoda, dan kuil. Disinilah warga Hangzhou datang untuk mencari  inspirasi atau traveling dan wisatawan luar, suka mengambil  foto untuk mendapatkan foto yang  instagramable.Kalau sore hari banyak masyarakat Hangzhou yang sengaja menari dansa bersama teman-temannya di pinggir danau dengan diiringi musik yang keras. Kesannya masyarakatnya santai banget menikmati hidup

Pengunjung bisa naik perahu menyusuri danau ini, melihat pagoda yang legendaris karena legenda Siluman Ular Putih yang terkenal  dalam film serinya di televisi  Indonesia. Pernah dengar kisah tentang siluman ular putih? 

Ini adalah legenda paling terkenal di Cina. Konon, legenda itu terjadi di sebuah danau cantik di Danau Barat di Hangzhou, Provinsi Zhejiang. Cerita tersebut berawal dari seekor ular putih yang muncul di dunia untuk menjadi manusia. Konon, ular itu akhirnya berubah menjadi seorang wanita cantik.

kuil di danau barat (dok pribadi)
kuil di danau barat (dok pribadi)
Ia pun menikah dengan seorang pria bernama Xu Xian. Perkawinannya dikaruniai seorang anak. Malang, kehidupan beda dunia itu tidak disetujui seorang biksu bernama Fahai. Sang biksu pun menyekap siluman ular putih di bawah Pagoda Leifeng, yang terletak di Danau Barat. 

Beberapa tahun kemudian, anak ular putih yang sudah dewasa bersaksi di depan pagoda untuk mengorbankan dirinya demi membebaskan ibunya. Para dewa mendengar dan menghancurkan pagoda. Keluarga kecil itu pun kembali bersatu. 

Legenda itu menjadi salah satu alasan turis menyambangi  Danau Barat. Membentang seluas 5,6 Km2, danau ini menjadi pusat kehidupan spiritual warga China selama beberapa dinasti.

Pengunjung bisa mengambil foto menarik dengan latar belakang danau yang cantik dan pagoda diatas bukit pada saat menyusuri perahu.

 Di sekeliling danau terdapat  trotoar bagi pejalan kaki yang luas dilengkapi dengan taman yang hijau dan pohon yang rimbun. Ketika sore hari banyak pengantin sengaja mengambil foto di seputar danau ini.

Penulis di danau barat (dok pribadi)
Penulis di danau barat (dok pribadi)
Danau ini berada di tengah area hijau di barat daya kota Hangzhou. Danau Barat yang asri merupakan tempat yang tepat untuk mencari ketenangan dari padatnya aktivitas kota. 

Pemandangan alamnya yang hijau dan asri serta airnya yang bersih membuat tempat ini  merupakan danau buatan berumur 1.000 tahun lebih yang memiliki luas 5,6 km2. Area ini juga dikelilingi oleh gunung, sehingga udaranya masih bersih dan sejuk.

Danau yang memiliki luas lingkar 15 km ini memiliki 3 jembatan yang salah satunya merupakan jembatan Broken Bridge. 

Ketiga jembatan ini menyambungkan 3 pulau buatan yang ada di danau Xi Hu. Pulau-pulau itu bernama San Tang Yin Yue atau Pulau 3 Kolam yang Memantulkan Cahaya Bulan, Huxin Ting atau Paviliun Tengah Danau dan Ruan Dunhuanbi atau Pulau Ruan.

Warga berolahraga taichi (dok pribadi)
Warga berolahraga taichi (dok pribadi)
Kegiatan favorit traveler di Danau Barat, tentu saja naik perahu dan berkeliling danau. Ada beberapa bagian danau dan pulau buatan yang sangat cantik, dengan nama yang cantik pula. Three Pools Mirroring the Moon, Solitary Hill, Two Peaks Embracing the Sky, juga Temple of Soul's Retreat.

Satu tempat yang harus dikunjungi, tentu saja Broken Bridge. Jembatan ini konon adalah tempat bertemunya siluman ular putih dengan Xu Xian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2