Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Bunga Bangkai Sedang Mekar di Kebun Raya Bogor

6 November 2017   13:10 Diperbarui: 7 November 2017   13:49 5448 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bunga Bangkai Sedang Mekar di Kebun Raya Bogor
bunga bangkai sedang mekar (dok pribadi)

Sekarang ini kalau Anda menyempatkan diri ke Kebun Raya Bogor akan mendapati bunga bangkai yang sedang mekar. Mulai hari Minggu (5/11/2017) kemarin bunga bangkai ini mekar di waktu puncaknya dan akan bertahan sekitar tiga sampai empat hari. Beruntung saya tanpa rencana datang ke Bogor bisa melihat bunga bangkai yang mekar.

Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) koleksi Kebun Raya Bogor yang sedang mekar itu memiliki kelopak bunga dengan diameter sekitar 60 sentimeter, dan tinggi 1,50 meter. Bunga itu juga memiliki tongkol bunga atau spandiks kuning pucat dan pelindung tongkol yang membuka merah. Di bagian kelopak bunga yang mekar banyak lalat berterbangan dan saya dalam jarak dekat tidak merasa mencium ada bau menyengat yang keluar dari bunga bangkai tersebut. Mungkin karena melihatnya sore hari. Bau bangkai keluar di malam hari.

Bunga bangkai asli tanaman dari Indonesia dan populasi liarnya ada di hutan-hutan di Pulau Sumatera. Pada proses mekar bunga terjadi karena peningkatan suhu di bagian tongkolnya sehingga kadang-kadang mengeluarkan asap. Seringkali bunga mekar pada sore atau malam hari. Penyerbukan terjadi bantuan serangga penyerbuk atau manusia.

selfie dengan bunga bangkai (dok pribadi)
selfie dengan bunga bangkai (dok pribadi)
Di sekitar lokasi bunga bangkai tersedia brosur yang menceritakan tanaman bunga bangkai membutuhkan waktu hingga empat tahun untuk berbunga, yang bertahan sekitar seminggu. Setelah itu, bunga akan layu.Bunga bangkai memiliki tiga fase hidup. Pertama fase vegetatif (berdaun). Kedua fase generatif (berbunga) dan ketiga fase dorman (istirahat). Fase istirahat berlangsung selama 9-14 bulan dan fase berdaun kurang lebih dua tahun.

Lokasi bunga bangkai diberi pagar sekeliling berbentuk lingkaran setinggi lebih kurang 50 sentimeter. Pengunjung bisa melihat di sekelilingnya dengan jarak dua meter. Di sekitar bunga banyak dipasang kamera yang menunggu bunga mekar sempurna. Foto yang saya ambil Sabtu 4 November, bunga bangkai belum mekar dengan sempurna. Minggu kemarin bunga bangkai sudah mekar sempurna.

Lokasi bunga bangkai itu menjadi perhatian pengunjung Kebun Raya Bogor. Pengunjung yang datang sebagian besar pelajar banyak yang mengamati bunga bangkai itu . Banyak juga yang selfie dengan bunga bangkai tersebut.

ada juga spanduk dan brosur informasi tentang bunga bangkai di sekitar lokasi bunga bangkai (dok pribadi)
ada juga spanduk dan brosur informasi tentang bunga bangkai di sekitar lokasi bunga bangkai (dok pribadi)
Bunga bangkai yang ditanam dalam pot ini berlokasi di Taman Araceae dekat dengan kolam teratai yang lokasinya dekat Istana Bogor. Tiket masuk lokasi Kebun Raya Bogor per orang Rp 15.000 dan mobil boleh masuk ke dalam kebun mendekati area bunga bangkai dengan harga Rp 30.000.

VIDEO PILIHAN