Mohon tunggu...
Asila Ghina Rahmani
Asila Ghina Rahmani Mohon Tunggu... Mahasiswa - International Relation Student at Universitas Padjadjaran

I am an International Relations student with a keen interest in organization, communication, and art. I have high enthusiasm in learning new skills, and I also never stop learning.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Peran BRI dalam Digitalisasi UMKM di Indonesia

20 Desember 2022   18:15 Diperbarui: 20 Desember 2022   18:32 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Sekarang ini di negara kita di Indonesia sudah banyak UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah yang maju dan berkembang. UMKM di Indonesia juga sudah lebih banyak jumlahnya jika kita bandingkan dengan usaha industri yang berskala besar. UMKM ini menjadi salah satu faktor ketahanan dan bagian penting di sistem perekonomian di Indonesia. 

UMKM tentunya mempunyai peran besar dalam mengurangi pengangguran dan kemiskinan di negara kita. UMKM membantu dalam pembentukan PDB sebesar 63,58% dan penyerapan tenaga kerja sebesar 99,45% dari seluruh unit UMKM yang ada. 

UMKM di Indonesia memiliki potensi yang baik dan harus lebih ditingkatkan daya saingnya dengan melakukan inovasi agar tetap terus bertahan dalam jangka waktu yang lebih panjang. 

Dalam proses berkembangnya UMKM tentu terdapat banyak masalah dan rintangan yang harus dilalui oleh para pelaku UMKM. Faktor masalah dan rintangan itu lah membuat UMKM di Indonesia belum dapat bekerja secara maksimal dalam sistem perekonomian nasional maupun internasional. 

Salah satu hambatan dan rintangan yang dialami oleh pelaku UMKM adalah terbatasnya teknologi informasi serta kurangnya finansial yang dimiliki. Untuk meningkatkan daya saing dan memiliki prospek yang lebih baik lagi tentunya diperlukan komitmen dari segala pihak mulai dari pemerintah, instansi, dan juga masyarakat.

BRI adalah salah satu instansi perbankan yang peduli dalam membantu mendukung UMKM di Indonesia. Kita semua mengetahui bahwa BRI memiliki program-program yang inovatif dan kreatif yang tentunya selalu mengikuti perkembangan zaman di era digital ini. 

BRI selalu berupaya untuk Melayani Dengan Setulus Hati dan memberikan yang terbaik bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia melalui program-program unggulannya. 

Sesuai dengan misi BRI yaitu "Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat", BRI selalu merangkul dan mengajak seluruh pelaku UMKM di Indonesia untuk berkembang melalui pendampingan pelaku UMKM dengan Relationship Manager BRI. BRI membantu melakukan pendampingan, restrukturisasi, serta konsultasi bisnis oleh 38.000 tenaga pemasar BRI atau Relationship Manager BRI.


Pada HUT127BRI dengan tema "Makin Muda(H)", kita semua bisa melihat BRI merefleksikan berbagai upaya dan pelayanan BRI yang semakin mudah dan praktis karena dapat diakses di mana saja dan kapan saja kepada pelaku UMKM. 

Seluruh kegiatan pelaku UMKM di Indonesia dilakukan secara online yang merupakan bagian dari proses digitalisasi. 

BRI bersifat selalu terus adaptif dengan adanya perubahan dan perkembangan teknologi. Pemanfaatan teknologi yang terus berkembang adalah salah satu solusi dalam memudahkan proses promosi dan penjualan para pelaku UMKM. Berkembangnya teknologi informasi tentunya harus seimbang dengan pengoptimalan literasi digital di kalangan pelaku UMKM. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun