Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... Karyawan -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

rindu tak berujung rasa

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Dari Semula Pilihan Saya Ma'ruf Amin

11 Agustus 2018   03:33 Diperbarui: 11 Agustus 2018   03:54 581
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Insya Allah saya rangkul, kan mereka alumni saya juga, 212 dulu kan saya yang gerakkan," jelas Ma'ruf Amin di kediaman beliau di Koja, Jakarta Utara.

Usai deklarasi ditetapkannya beliau sebagai cawapres pendamping Jokowi (9/8), KH Ma'ruf Amin mengatakan bahwa ia akan merangkul Presidium Alumni (PA) 212 yang "berseberangan" dengan pemerintah. Beliau yakin bahwa seluruh ulama akan bersatu suara.

Ma'ruf Amin bakal mengajak para ulama yang selama ini "berseberangan" dengan pemerintah. Beliau akan menyatukan suara guna mendukung pemerintah.

"Insya Allah suara sumbang yang kita dengar selama ini tidak akan ada lagi. Mereka menghargai dan mencintai ulama, saya kan ulama, makanya mereka mengangkat saya", ucap Amin.

Ma'ruf Amin pula berterima kasih kepada Jokowi karena terpilihnya beliau sebagai cawapres adalah sebuah bentuk penghargaan buat ulama.

"Pak Jokowi sangat menghargai ulama, saya berterima kasih. Saya merepresentasikan para ulama," ujar Amin.

Dengan terpilihnya beliau sebagai cawapres, mungkin timbul perasaan, ada yang kecewa, ada yang gembira dan bersyukur, dsb. Kalau saya sendiri, saya termasuk yang bersyukur atas terpilihnya beliau sebagai cawapres.

Bahkan, pada tanggal 22 Juli 2018, saya mempublikasikan artikel di Kompasiana di kolom kandidat, diberi judul "KH Ma'ruf Amin Siap Menjadi Cawapres Jokowi". 

Pada waktu itu Jokowi mempunyai 10 nama calon yang akan mendampingi Jokowi di pilpres 2019. Dari kesepuluh nama itu, saya hanya menulis "kandidat" Ma'ruf Amin.

Melihat dari kriteria-kriteria yang dirangkum oleh Muhammad Qodari tentang cawapres yang sebaiknya diambil pak Jokowi, Qodari, sebagai Direktur Eksekutif Indo Barometer, meringkas kriteria cawapres Jokowi sebagai berikut: 

  1. Berasal dari non-parpol
  2. Dapat menjawab isu SARA
  3. Berusia senior
  4. Disetujui oleh Ketum PDIP Megawati

Utak-atik kesepuluh cawapres, saya memilih Ma'ruf Amin. Entah suitable dengan kriteria tersebut atau setidaknya yang paling mendekati, saya punya 'insting' dengan memilih Ma'ruf Amin yang bakalan dipilih pak Jokowi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun