Mohon tunggu...
Asiah Ahmad karim
Asiah Ahmad karim Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbedaan Asesmen dan Tes dalam Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

15 November 2022   23:26 Diperbarui: 15 November 2022   23:37 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

kali ini saya akan membahas singkat tentang perbedaan asesmen dan tes dalam evaluasi pembelajaran anak usia dini.

anak usia dini secara umum adalah anak-anak di bawah usia 6 tahun.UU sisdiknas no. 20 tahun 2003 menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.  

pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. pembelajaran juga merupakan bantuan yang di berikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasan, kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada anak usia dini.

Pembelajaran pada anak usia dini juga adalah kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada anak yang disesuaikan dengan tingkat usia anak dengan pengembangan kurikulum yang berupa seperangkat rencana yang berisi sejumlah pengalaman belajar melalui bermain yang dipersiapkan oleh pendidik dengan menyiapkan materi dan proses belajar.

apa itu asesmes, asesmen merupakan kegiatan mengumpulkan, melaporkan, dan menggunakan informasi tentang hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil pengukuran untuk dianalisis hasil kerja siswa atau prestasi siswa dalam mengerjakan tugas. 

Penilaian juga dapat diartikan sebagai suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkeseimbungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu. Jika dilihat dalam konteks yang lebih luas, keputusan tersebut dapat menyangkut keputusan tentang peserta didik, keputusan tentang kurikulum dan program atau juga keputusan tentang kebijakan pendidikan. 

Seorang ahli (Learner, 1988; 54) mengemukakan bahwa asesmen sebagai suatu proses pengumpulan informasi tentang seorang anak yang akan digunakan untuk membuat pertimbangan dan keputusan yang berhubungan dengan anak tersebut. Sementara Bonnie Campbell yang memandang asesmen sebagai proses pengumpulan bukti dan dokumentasi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Sedangkan Tes merupakan salah satu upaya pengukuran  untuk mengukur hasil belajar anak yang disusun sistematis oleh guru yang menuntut adanya jawaban dari peserta didik. namun dapat disimpulkan juga bahwa tes adalah suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dijawab oleh anak untuk mengukur suatu aspek tertentu. adapun tes yang dapat di lakukan ada berbagai macam yaitu, tes tanya jawab, tes pilihan ganda, dan tes melalui percakapan.

nah, dapat disimpulkan bahwa asesmen dan tes sama-sama penting dalam evaluasi pembelajaraan, karna keduanya saling berhubungan di dalam proses pembelajaran anak usia dini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun