Mohon tunggu...
Ashoffah NR
Ashoffah NR Mohon Tunggu... Mahasiswa - karyaku

Sebuah tulisan akan bermanfaat jika penulis pandai memanfaatkan karya tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Teknologi Maju, Baik atau Buruk?

26 April 2022   10:20 Diperbarui: 26 April 2022   10:28 152 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Semakin bertambah tahun, maka semakin berkembang teknologi di lingkungan masyarakat, terutama pada zaman sekarang ini. Salah satunya yaitu pada teknologi informasi. Teknologi informasi merupakan contoh nyata perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi mungkin tidak akan canggih dan maju seperti ini. Pengertian teknologi informasi secara umum adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer).

Menurut Wikipedia, pengertian teknologi informasi (IT) adalah istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, me-komunikasi-kan, dan menyebarkan informasi. Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, dan mengubah data dengan segala macam cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau juga berkualitas. Selain itu fungsi dari teknologi informasi yaitu untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.

Berbicara tentang teknologi informasi, ada beberapa pengaruh atau dampak terhadap masyarakat yang kurang memanfaatkan teknologi tersebut. Salah satunya yaitu pada pembuatan software.

Di era sekarang banyak software developer yang membuat software atau aplikasi negatif, contohnya aplikasi judi online, situs-situs dewasa, serta aplikasi lainnya yang menguntungkan mereka tetapi justru menjadi dampak negatif bagi masyarakat umum. Hal ini tentu sangat merugikan masyarakat luas, bisa dilihat dari maraknya kasus-kasus penipuan di lingkungan masyarakat. Tidak hanya itu, para software developer juga akan menjanjikan calon pengguna aplikasinya dengan hadiah atau imbalan dari memasang aplikasi tersebut, tetapi itu merupakan cara mereka untuk menarik keuntungan, padahal aplikasi tersebut bisa membahayakan riwayat data diri pengguna karena sebelum login ke aplikasi calon pengguna wajib mengisi data diri untuk mendaftar situs-situs tersebut. Setelah login, biasanya ada sistem pembayaran atau bisa dikatakan tanam saldo pertama. Pada sistem ini, pengguna akan mendapatkan laba atau keuntungan 2 kali lipat dari saldo pertama tersebut.

Selanjutnya, pengguna akan diberi pilihan apakah akan melanjutkan pengisian saldo atau tidak. Jika tidak, maka laba yang didapat akan hangus, tetapi jika berlanjut saldo laba akan bertambah. Hal itu akan terus menerus berlanjut sampai mencapai nominal tinggi. Tentu tindakan tersebut sangat merugikan masyarakat, apalagi jika masyarakat mudah tergoda oleh tipu daya pembuat aplikasi. Namun, banyak juga software developer yang membuat aplikasi bermanfaat agar masyarakat lebih mudah dalam mengoperasikan sesuatu.

Teknologi yang canggih membuat masyarakat semakin lupa akan dampak dari penggunaan tersebut. Tidak sedikit masyarakat yang menyepelekan kasus-kasus itu. Jika kita hati-hati dalam menggunakan teknologi, maka akan memberikan banyak manfaat untuk kita.

Dari penjelasan singkat tersebut sudah diketahui bahwa teknologi informasi memiliki peran penting dalam masyarakat apabila mereka bijak dalam menggunakan aplikasi. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa wajib memberikan edukasi terhadap masyarakat yang belum paham mengenai penggunaan aplikasi yang bermanfaat atau merugikan orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan