Mohon tunggu...
Ashim Amin
Ashim Amin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Islamic Writer

Mahasiswa Jurusan Syariah di Universitas Islam Madinah di Saudi Arabia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Amalan Sunah di Hari Jumat

12 Agustus 2021   18:00 Diperbarui: 12 Agustus 2021   18:05 67 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Amalan Sunah di Hari Jumat
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hari Jumat adalah hari raya umat islam. Dimulai sejak matahari terbenam di hari kamis dan berakhir saat matahari terbenam di hari Jumat. Karena kalender islam mengikuti perputaran bulan.

Apa saja amalan sunah di hari Jumat? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memperbanyak sholawat

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barang siapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali," (HR Baihaqi).

Bersholawat kepada Rasulullah dapat dimulai sejak awal hari Jumat.

2. Membaca surat Al-Kahfi

"Dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat." (HR An-Nasa'i dan Baihaqi).

Membaca surat Al-Kahfi dapat dikerjakan di awal hari Jumat. Adapun sebagian orang lebih memilih membacanya ketika menunggu khatib naik mimbar.

3. Memperbanyak dzikir dan doa

"Pada hari Jum'at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah 'Ashar." (HR Abu Daud).

Dari hadis di atas dapat kita diketahui bahwa hari Jumat termasuk waktu mustajabnya doa, maka sangat dianjurkan memperbanyak doa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan