Mohon tunggu...
Akhmad AdriMuzaka
Akhmad AdriMuzaka Mohon Tunggu... Lainnya - Penggiat budaya dirjen kebudayaan

Saya adalah seorang penggiat budaya dirjen kebudayaan yang ditugaskan di kabupaten magelang. Saya juga memiliki ketertarikan besar pada menulis. Sehingga saya dapat mnciptakan beberapa karya tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kirab Gunungan Peringatan HUT RI ke-77 Mertoyudan Magelang

18 Agustus 2022   13:10 Diperbarui: 18 Agustus 2022   13:19 188 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Momen peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia merupakan salah satu momen yang selalu menjadi kenangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat dari berbagai daerah yang menggelar perayaan HUT RI dengan berbagai kegiatan atau agenda. 

Pada momen ini banyak kreativitas masyarakat yang di munculkan. Seperti mengadakan lomba-lomba tingkat kampung, menghias lingkungan kampung, dan melakukan kirab atau karnaval yang unik dan lucu untuk merayakan momen HUT RI.

Tak jauh beda dengan salah satu dusun di Kecamatan Mertoyudan Magelang Jawa Tengah. Tepatnya di Dusun Krombangan Desa Donorojo Mertoyudan, semua masyarakat dusun menyambut peringatan HUT RI Ke-77 dengan berbagai kegiatan. 

Salah satu kegiatannya adalah melakukan kirab gunungan yang berisi sayuran atau hasil bumi dan jajanan pasar mengelilingi dusun. Dalam kegiatan kirab yang dilaksanakan pada malam rabu (16/8) atau malam peringatan HUT RI Ke-77 segenap masyarakat dusun mengikuti dengan memakai pakai sesuai dengan jenjang usianya. 

Anak-anak kecil dan anak sekolah memakai seragam sekolahnya masing-masing yang menunjukkan jiwa pelajar untuk senantiasa belajar menghargai perjuangan leluhur. 

Kemudian para pemuda pemudi memakai pakaian adat yang menunjukkan simbol bahwa pemuda merupakan generasi yang harus berjuang menjaga budaya-budayanya. Serta, Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu memakai pakaian batik yang bertujuan menyampaikan contoh bagi generasi pemuda untuk selalu memiliki adab yang baik, sopan dalam bertutur kata dan bersikap. 

Selain itu ada ibu-ibu yang membawa nasi tumpeng sebagai wujud syukur dalam peringatan HUT RI Ke-77 saat ini.

Koordinator Kegiatan Peringatan HUT RI Ke-77 Dusun Krombangan Mas Jendot menuturkan "Kita mengadakan kegiatan ini selain untuk memperingati atau merayakan HUT RI Ke-77 juga sebagai ajang pelestarian kebudayaan yang ada di Dusun kita". Mas Jendot juga menyampaikan harapannya dalam kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan nilai-nilai luhur bagi masyarakat sekitar.


Bapak Puput selaku tokoh masyarakat Dusun Krombangan juga menyampaikan bahwa gagasan mengadakan kirab perayaan HUT RI Ke-77 murni atas kesepakatan masyarakat Dusun. Bahkan para masyarakat rela mengeluarkan iuran dan tenaga mereka untuk melaksanakan kirab perayaan HUT RI Ke-77. 

Nantinya, selepas kirab gunungan mengelilingi dusun kemudian semua masyarakat berkumpul di area tengah dusun untuk menggelar doa bersama atau tirakatan, setelah selesai tirakatan kemudian dilanjutkan pentas seni yang dilakukan oleh para anak-anak kecil dan pemuda pemudi Dusun Krombangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan