Mohon tunggu...
Asha amiella
Asha amiella Mohon Tunggu... pribadi

a human .

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Indonesia Lawan Corona

18 Maret 2020   14:42 Diperbarui: 18 Maret 2020   21:38 47 1 1 Mohon Tunggu...

Dunia kini digemparkan dengan peristiwa munculnya sebuah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini disebut sebagai Corona Virus, yang berasal dari Wuhan, China. 

Virus corona atau coronavirus (CoV) merupakan keluarga virus yang menaungi virus SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, Kata corona sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota. Nama ini diberikan karena bentuk virus corona menyerupai mahkota. Sedangkan penyakit yang disebabkan terinfeksi SARS-CoV-2 disebut Covid-19, yang merupakan akronim dari coronavirus disease 19.

Sejak awal tahun 2020, terdapat 162 negara yang terinfeksi virus ini, dengan jumlah keseluruhan terinfeksi mencapai 183.202 orang . virus yang dapat menyebabkan kematian ini, telah mewabah hampir di seluruh dunia , dan tak sedikit yang berujung kematian .

Indonesia termasuk negara terlambat terinfeksi, akan tetapi kini indonesia menjadi negara yang menempati urutan ke-2 Death Rate Coveid-19 di dunia , yaitu dengan angka kematian 5,2% dan diprediksi akan terus meningkat . Hingga hingga kini jumlah pasien positif terjangkit virus corona tercatat 172 kasus.

Pemerintah Indonesia telah menyatakan bahwa kssus ini merupakan kasus "Gawat" Nasional . sehingga pemerintah menghimbau masyrakat untuk tetap tenang, dan menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan serta menggunakan sanitezer untuk mencegah penularan berlanjut .

Hal lain nya, pemerintah indoensia telah menetapkan kebijakan-kebijakan lainnya yang dapat membantu dalam memantau penyebaran virus corona ini .

Pemerintah Indonesia dengan membuat surat edaran akan di kosongkan tempat umum untuk pencegahan , seluruh sekolah, kantor dan universitas diliburkan dan di ganti sistem menjadi online selama 14 hari . hal ini bertujuan utuk menurunkan tingkat penyebaran virus , dimana menurut penelitian virus corana tidak akan bertahan selama 14 hari jika tidak berada dalam tubuh manusia, maka dari itu ketika kegiatan diluar ruangan diberhentikan akan memberikan efek yang signifikan pada penularan tersebut . Pemerintah juga menganjurkan di adakan pemeriksaan suhu dan menempatkan mesin pendeteksi di setiap bandara .

Berikut merupakan tindak lanut pemerintah untuk menagani virus corona di Indonesia :

  • Menempatkan hands sanitizer di tempt-tempat umum , seperti : Bandara, stasiun kereta api, rumah sakit dan tempat umum lainnya .
  • Memulangkan WNA (warga Ngeara indonesia) dari wuhan , china . dan memberi bantuan khusus seperti makanan obat-obatan kepala pelajar luar negeri yang masih di proses untuk dipulangkan .
  • Menyediakan tempat isolasi atau pemeriksaan lebih lanjut di 58 rumah sakit umum di seluruh wilayah Indonesia .
  • Membuat Antrian memanjang untuk kenadaraan umum dengan berjarak¬†1 meter, agar menghindari kerumunan dan bergesekan dengan orang lain

Hal hal ini menjadi suatu upaya pencegahan untuk menghentikan penularan virus corona di indonesia .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x