Mohon tunggu...
Ashafira Eka Putri
Ashafira Eka Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas PGRI Semarang

Membaca adalah napas hidup dan jembatan emas ke masa depan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Budidaya Daun Kelor yang Kaya Akan Manfaat di Desa Pengkol Jagong

23 Juni 2021   10:47 Diperbarui: 23 Juni 2021   11:12 36 1 0 Mohon Tunggu...

Bagi masyarakat umum daun kelor tentunya sudah tidak asing lagi. Karena begitu banyak manfaat yang terkandung didalam daun kelor tersebut untuk kesehatan. Di wilayah tempat tinggal saya, tepatnya di Desa Pengkol Jagong, Kecamatan Jati, kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah. Hampir setiap rumah menanam pohon kelor, pohon kelor tersebut di tanam di pekarangan rumah dan di sepanjang jalan juga ditanami pohon kelor. Karena masyarakat Desa Pengkol Jagong sudah menyadari tentang pentingnya manfaat daun kelor untuk kesehatan. Disamping itu juga atas himbauan dari Bapak Kepala Desa Pengkol Jagong untuk semua warganya menanam tanaman obat-obatan termasuk pohon kelor. Tujuannya agar semua warga yang suatu saat membutuhkan daun kelor tidak usah jauh-jauh pergi ke hutan  untuk mengambil daun kelor. Karena sudah ada di pekarangan rumah ataupun yang ada di  pinggir jalan dan bisa langsung mengambil daun kelor tersebut. Pada zaman dahulu pohon kelor hanya dapat ditemukan di hutan saja.

Menanam pohon kelor tentunya sangat mudah sekali, yaitu hanya dengan memotong ranting pohon kelor kemudian langsung menanamnya atau menancapkannya langsung ke tanah. Maka pohon kelor akan tumbuh dengan sendirinya tanpa menyiraminya dengann air setiap hari. Karena pohon kelor bisa hidup di tanah yang tidak terlalu subur.

 Manfaat daun kelor bagi kesehatan antara lain yaitu dapat menurunkan hipertensi, menyembuhkan kanker, mengobati asma, mengobati diabetes, menyembuhkan luka, mencegah masalah ginjal, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan imunitas tubuh, mengobati gangguan perut, baik untuk kesehatan jantung, mencegah anemia, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan energi, memudahkan pencernaan, menormalkan kadar gula, meningkatkan metabolisme tubuh, mengatasi infeksi bakteri, perawatan rambut dan perawatan kulit dengan diolah dan dijadikan masker wajah. Dibalik daun kelor yang kaya akan manfaat maka terdapat kandungan nutrisi yang ada dalam daun kelor tersebut antara lain yaitu protein, zat besi, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, folat serta fosfor. 

 Pada saat pandemi seperti saat ini biasanya masyarakat Desa Pengkol Jagong mengonsumsi daun kelor. Daun kelor bisa dibuat minuman dengan daun yang masih segar bisa juga dibuat minuman dengan daun kelor yang sudah dikeringkan. Jika dibuat minuman dengan daun yang masih segar, yaitu dengan cara mengambil daun kelor segar kemudian dicuci bersih dan  langsung direbus dengan air secukupnya  sampai mendidih , lalu air rebusan tersebut diminum jika sudah dingin atau dapat diminum ketika masih hangat.

Jika dibuat minuman dengan daun kelor yang sudah dikeringkan. Langkahnya yaitu dengan cara, mengambil daun kelor yang masih segar kemudian dikeringkan sampai benar-benar kering, setelah daun kelor kering kemudian dicuci sampai bersih lalu direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Teh kelor bisa diminum ketika masih hangat atau menunggu sampai dingin terlebih dahulu.

Teh kelor rasanya nikmat dan segar, tidak kalah nikmat rasanya dengan teh-teh biasanya. Masyarakat Pengkol Jagong terkadang juga mengolah daun kelor menjadi sayur untuk makan sehari-hari. Karena daun kelor di Desa Pengkol Jagong yang melimpah, sehingga ada beberapa warga yang mengolah daun kelor menjadi keripik kelor. Sehingga dengan mengolah daun kelor menjadi keripik kelor tentunya bisa dijual kepada umum dan bisa menambah penghasilan warga tersebut. Keripik kelor khas Desa Pengkol Jagong sudah dijual diberbagai tempat khusnya di Kecamatan Jati. Rasa keripik kelor tentunya enak dan baik untuk kesehatan. Karena saya sudah pernah mencoba membeli keripik kelor yang dibuat oleh salah satu warga di Desa Pengkol Jagong. Ternyata rasanya enak dan kita tidak perlu khawatir untuk memakannya, kerena olahan keripik kelor tersebut menggunakan bahan alami tanpa menggunakan bahan pengwet.

Sehingga dengan budidaya tanaman pohon kelor yang ada di Desa Pengkol Jagong yang ditanam di pekarangan rumah ataupun di pinggir jalan. Tentunya hal tersebut mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan juga bisa diolah menjadi makanan ataupun minuman seperti teh kelor,sayur kelor, dan  olahan keripik kelor. Olahan keripik kelor yang dibuat oleh salah satu warga Desa Pengkol Jagong tentunya  dapat dijual dan dapat menambah penghasilan warga tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x