Mohon tunggu...
Ahmad Surya Fajar Siregar
Ahmad Surya Fajar Siregar Mohon Tunggu... ASFS Channel

Saya mahasiswa IAIDU ASAHAN yang berusaha berbuat sebisa saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kehidupan Masyarakat Arab Sebelum Masuknya Islam

22 April 2021   07:05 Diperbarui: 22 April 2021   07:11 88 0 0 Mohon Tunggu...

Nama : Ahmad Surya Fajar Siregar
NPM : 1901020007
Semester : 4 (Empat)
Fakultas : Tarbiyah
Program Studi : Pai B (Reguler)

A. Latar Belakang Masalah 

Kehidupan masyarakat Arab sebelum masuknya Islam sangat jauh berbeda, apalagi moral masyarakat Arab khususnya Arab pedalaman (badui) yang hidup menyatu dengan padang pasir dan area tanah yang gersang. Mereka pada umumnya hidup berkabilah.Mereka berada dalam lingkungan miskin pengetahuan. Situasi yang penuh dengan kegelapan dan kebodohan tersebut, mengakibatkan mereka sesat jalan, tidak   menemukan nilai kemanusiaan, membunuh anak dengan dalih kemuliaan, memusnahkan kekayaan dengan perjudian, membangkitkan peperangan dengan alasan harga diri dan kepahlawanan. Suasana semacam  ini terus berlangsung hingga datang Islam ditengah tengah mereka...

B. Pembahasan

1. Geografis Jazirah Arab

Jazirah Arab dengan luas satu juta mil persegi atau tepatnya 1.745.900 km merupakan kediaman mayoritas bangsa Arab. Akan tetapi bangsa Arab juga mendiami daerah-daerah sekitar jazirah. Tanah Arab dianamai Pulau Gundul karena tanah Arab merupakan suatu tanah semenanjung yang kurang subur dan terdapat banyak gunung batu. Ada beberapa sungai yang mendiami wadi dengan aliran yang tidak tetap dan lembah-lembah berair di musim hujan.

Jazirah secara etimologi berasal dari bahasa Arab yang berarti "kepulauan", Arab secara etimologi berasal dari kata arabia berarti "gurun pasir" atau "sahara". Dari segi geografis sebenarnya Arab bukanlah sebuah kepulauan sebab dari empat penjuru perbatasannya masih ada satu yang tidak berbatasan dengan laut,

Di sebelah barat berbatasan dengan dengan laut Merah dan gurun Sinai, sebelah timur berbatasan dengan Teluk Arab (Persia), sebelah selatan dengan laut India, dan di sebelah utara dengan gurun (padang pasir) Irak dan Syiria. Meskipun dikelilingi oleh air pada tiga sisi dan dibatasi oleh padang pasir pada sisi ke empat, jazirah Arab termassuk salah satu daerah yang paling kering dan panas di muka bumi.Jazirah Arab terletak di Sebelah Barat daya Asia, terbagi atas dua bagian yaitu  bagian tengah dan bagian tepi.

Bagian tengah Jazirah Arab yakni daerah pegunungan yang tandus , sehingga penduduknya nomaden untuk mencari tanah yang subur. Bagian tengah ini didiami oleh suku Badui dimana mereka senang hidup bebas dan tidak suka bercocok tanam. Wilayah yang termasuk di dalamnya adalah Najed dan al-Ahqaf. Karena penduduknya berpindah-pindah jadi mereka tidak tenang menciptakan kebudayaan dan peradabannya.

Bagian  tepi Jazirah Arab merupakan bagian yang subur karena cukupnya curah hujan , dan penduduknya bukanlah pengembara. Wilayah ini adalah Yaman, Hijaz, Oman , Hadramaut. Karena mereka menetap sehingga mereka berhasil membuat berbagai bentuk kebudayaan , mendirikan kerajaan diantaranya kerajaan Saba' yang terkenal dengan Ratu Balqis, kerajaan Himyar Manadhirah, dan kerajaan Chassaniyah.

2. Kehidupan politik dan sosial Masyarakat Jazirah Arab sebelum masuknya Islam 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN