Mohon tunggu...
Asfa Fuada
Asfa Fuada Mohon Tunggu... mahasiswaa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Supporting Pemahaman COVID-19 kepada Masyarakat Warungboto Yogyakarta

8 Juli 2020   18:44 Diperbarui: 8 Juli 2020   18:34 3 0 0 Mohon Tunggu...

(YOGYAKARTA, 20 Juni 2020) Dalam masa pandemi COVID-19 yang sedang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuat program yaitu Kuliah Kerja Nyata di Era COVID-19 sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19 pada masyarakat umum. Asfa Fuada, salah satu mahasiswa yang ikut dalam program KKN ini melaksanakan kegiatannya yang bertempat di RT 30 RW 07 Warungboto Yogyakarta. Kegiatan ini tentunya mendapat bimbingan penuh dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terkait, yaitu Dr. Selfi Handayani, dr., M.Kes.

Program yang dilaksanakan yakni pembagian bantuan sembako yang diperoleh dari berbagai pihak pemberi donasi kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memnuhi kebutuhan pokok masyarakat yang ekonominya terdampak oleh pandemi. Sosialisasi tentang pemahaman COVID-19, pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta  diskusi tentang kevalidan informasi yang beredar juga dilaksanakan di tempat ini. Kegiatan tersebut dilakukan secara online yakni pada groupchat masyarakat sekitar dan secara offline yakni sosialisasi cara mencuci tangan bersamaan dengan pembagian masker, sabun dan stiker cuci tangan secara door-to-door. Harapannya, masyarakat dapat lebih memahami tentang urgensi dari pandemi ini sehingga masyarakat dapat membantu dalam pencegahan penularan COVID-19.

Pada KKN Era COVID-19 ini, program kampung sayur yang sebelumnya pernah terhenti di lingkungan ini, akan dibangkitkan lagi. Masyarakat diajak untuk bercocok tanam bersama-sama. Program ini dapat menjadi salah satu upaya dalam pencegahan stres selama pandemi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x