Mohon tunggu...
Asep Sumpena
Asep Sumpena Mohon Tunggu... Suka mengamati

Suka hal-hal sederhana yang bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Tekno Pilihan

Kerancuan Pemberitaan Kadar Sianida dalam Kasus Mirna

2 Februari 2016   23:37 Diperbarui: 3 Februari 2016   17:02 1362 16 12 Mohon Tunggu...

Mengamati pemberitaan di berbagai media tentang kandungan racun Sianida dalam kopi Vietnam yang menewaskan Mirna, banyak ditemukan kerancuan dalam menginformasikan kandungan racunnya.

Sebagai seorang yang pernah belajar ilmu kimia saya tergerak untuk meluruskan pemberitaan tersebut, sehingga tidak menimbulkan salah kaprah yang berkepanjangan.

Pertama, mari kita belajar sedikit tentang konsentrasi suatu larutan. Konsentrasi dapat diartikan sebagai ukuran yang menentukan banyaknya zat yang berada di dalam suatu campuran dan dibagi dengan volume total pada campuran tersebut. 

Contohnya, satuan PPM (Parts per Million) sama dengan 1 mg zat terlarut dalam 1 liter larutan. Contoh perhitungan seperti rumus di atas.

[caption caption="(Rumus Perhitungan PPM)"][/caption]

Kemudian mari kita simak pernyataan kepolisian tentang kadar Sianida dalam kopi Vietnam yang diminum Mirna. Kepala Puslabfor Polri Brigadir Jenderal Alex Mandalika mengatakan, hasil uji Labfor menduga Sianida yang menyebabkan Mirna tewas dicampur di dalam kopi yang diseruputnya. 

"Dari hasil pemeriksaan kami, konsentrasinya itu 15 gram per liter, bayangkan saja 90 miligram saja sudah mematikan itu," ujar Alex.

Kalau kita melihat rumus perhitungan konsentrasi di atas, kita dapat menghitung berapa PPM kadar sianida dalam kopi Vietnam tersebut, berapa gram perkiraan berat sianida dalam gelas kopi tersebut dan berapa gram sianida yang diperkirakan diminum Mirna.

Kadar Sianida dalam satu gelas kopi Vietnam; kadar Sianida 15 gram (15.000 mg) per liter jadi PPM Sianida adalah 15.000 PPM (lima belas ribu) PPM. 

Berat Sianida dalam satu gelas; apabila satu gelas berisi larutan kopi sekitar 500 ml (0,5 liter) dan konsentrasi Sianida adalah 15 gram per liter, maka berat Sianida dalam satu gelas (yang terisi lautan kopi sekitar 500 ml) adalah sekitar 7.5 gram.

Berat Sianida yang terminum Mirna; apabila kopi yang terminum sekitar 50ml (0,05 liter) maka berat Sianida yang terminum Mirna adalah sekitar 0.75 gram atau sekitar 750 mg.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x