Mohon tunggu...
Asep R Sundapura
Asep R Sundapura Mohon Tunggu... Relawan - Relawan Kebudayaan

Penulis di Blog : Sundapura.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Legenda Air Terjun Pembuang Sial

28 Oktober 2021   08:32 Diperbarui: 28 Oktober 2021   08:36 71 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pernah mendengar nama Curug Cigeuntis? Bagi masyarakat Karawang, nama Curug Cigeuntis sangat popular. Yaps, Curug Cigeuntis adalah sebuah curug atau air terjun yang terkenal di Karawang. Lokasinya berada di Kaki Gunung Sanggabuana, Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru. Sekitar 44 KM dari pusat kota Karawang. Ketinggian Curug Cigeuntis mencapai 25 meter. Sumber air berasal dari Sungai Cigeuntis yang mengalir dari daerah Bogor. Bagaimana sejarah Curug Cigeuntis?

Wisata Curug Loji Karawang

Curug Cigeuntis sering juga disebut Curug Loji Karawang. Loji adalah sebuah nama daerah terkenal di Karawang Selatan yang searah lokasi Curug Cigeuntis.

Bagi wisatawan lokal, Curug Cigeuntis merupakan wisata alam Karawang favorit. Tidak heran jika kita searching Google, klik Youtube atau tanya ke teman tentang wisata pilihan di Karawang, nama Curug Cigeuntis selalu masuk daftar.

Curug Cigeuntis buka setiap hari. Tiket masuk Curug Cigeuntis hanya Rp. 15.000. Jam buka sekitar pukul 07.00. Tutup sore hari, jam 17.00. Curug Cigeuntis sangat ramai di akhir pekan dan libur panjang. Antrian pengunjung bisa mengular.

Pengelolaan Curug Cigeuntis dibawah Perhutani. Mereka memiliki loket tiket di gerbang masuk.

Terus, bagaimana akses dan kondisi jalan ke Curug Cigeuntis? Akses jalan sudah bagus. Kita bisa menggunakan kendaraan roda 2 dan 4. Hanya saja saat libur Panjang seperti lebaran harus hati-hati. Padatnya luar biasa. Bisa macet lumayan lama.

Bagi masyarakat Karawang yang berstatus Kota Industri, wisata ke Curug Cigeuntis dinilai menghadirkan sesuatu yang menyegarkan bagi mereka. Suasana Curug Cigeuntis dengan lingkungan pegunungan Sanggabuanaya yang hijau dan menyegarkan menjadi oase tersendiri di Kota Industri.

Misteri Sejarah Curug Cigeuntis

Masih ingat pelajaran waktu SD tentang arti legenda? Legenda adalah sebuah cerita rakyat yang berhubungan denga nasal-usul sebuah tempat. Misal Legenda Sangkuriang yang berkaitan dengan asal-usul nama Gunung Tangkuban Perahu.

Nama Curug Cigeuntis juga memiliki narasi legenda yang mulai popular di tahun 1960--1970 an. Kita telisik Sejarah Curug Cigeuntis dari tik-tok an berbagai sumber, termasuk penelitian langsung penulis pada tahun 2011 dulu.

Awal Mula Dari Kisah Curug Panyipuhan

Pada mulanya Curug Cigeuntis memiliki nama Curug Panyipuhan. Nama Panyipuhan berasal dari Bahasa Sunda yang berarti pembersih atau pemurnian. Penamaan itu berasal dari keyakinan masyarakat lokal jaman dulu bahwa jika mandi atau berendam di Curug Cigeuntis bisa membersihkan unsur-unsur negativ yang ada dalam tubuh.

Perubahan nama Curug Panyipuhan menjadi Cigeuntis dimulai sekitar tahun 1970an. Pada masa itu wilayah sekitar curug yang awalnya sepi mulai banyak ditinggali oleh penduduk.

Kisah Sang Ronggeng Nyi Geuntis Sari

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan