Mohon tunggu...
Asep Rizal
Asep Rizal Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Penulis

baik-baik sehat selalu dan banyak rezeky,tidak punya utang lahir maupun bathin,kaya raya Jaya Abadi Selamanya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kabupaten Tasikmalaya Rawan Bencana, Dinas BPBD Mesti Sigap karena Minimnya Peralatan Mereka Butuh Bantuan Pusat!

6 Oktober 2022   11:06 Diperbarui: 6 Oktober 2022   12:43 120 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keterangan Gambar: Air Menggenang di Kecamatan Karangnunggal ,hingga rumah warga tergenang (docpri).

"Kabupaten Tasikmalaya darurat bencana, kabar dan laporan banyak diterima oleh pihak Dinas BPBD Kabupaten ini terutama pada bulan november yang lalu , kami menghimbau kepada  warga harus konsentrasi khusus pada titik-titik rawan bencana,semua harus sigap dan tetap konsentrasi,,,!" Hal itu dikatakan H.Endang Saepudin Kepala Dinas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten setempat baru-baru ini.

Kadis BPBD Kabupaten setempat pun menjelaskan bahwa bencana yang dimaksudkan itu berupa bencana alam kategori berat , "Longsor dan Banjir ,,!" Katanya , dia pun menjelaskan bahwa pada bulan-bulan kemarin (Agustus dan Bulan September 2022) intensitas hujan lumayan tinggi  ,dan durasi hujan pun nampak lama saya sebut saja ini cuaca  ekstrem, itulah salah satu penyebabnya , akibat hujan turun berkala ,besar dan durasinya panjang maka  kontur tanah pun jadi labil , dan pada beberapa titik wilayah  air hujan mampet di selokan - selokan warga , karena turunnya hujan begitu ekstrim ketika jatuh ke selokan-selokan warga, dan lagian  tidak begitu berfungsi tuh selokan-selokan warga  ,,!!  maka banjir pun tidak bisa dihindari ,,!!" Jelasnya.

Keterangan Gambar: longsor di wilayah kecamatan culamega (docpri)
Keterangan Gambar: longsor di wilayah kecamatan culamega (docpri)
Keadaan itu sangat memprihatinkan dan membuat ketar-ketir warga pada titik-titik  daerah rawan bencana , seorang warga korban banjir di tasik selatan menyebutkan bahwa ketika wilayah daerahnya terkena banjir dia bersama keluarganya hanya bisa meratapi nasibnya "Nyaris tidak ada bantuan dari pihak pemerintah mah pa ,,! Kami sekeluarga dibantu saudara-saudara saya saja , baru kami bisa berusaha menyelamatkan unggas milik kami sekeluarga ketika saudara saya bisa menampung keberadaan kami sekeluarga,!" Keluhnya.

Ket Gambar: H.Endang Syahrudin ,ST,Mt Kepala Dinas BPBD Kab Tasikmalaya.(docpri)
Ket Gambar: H.Endang Syahrudin ,ST,Mt Kepala Dinas BPBD Kab Tasikmalaya.(docpri)
Minimnya sarana penunjang penanganan bencana pun menjadi kendala besar untuk Dinas BPBD Kabupaten Tasikmalaya , hal itu diakui oleh Kepala Dinas BPBD Kabupaten setempat , dia menyebutkan bahwa "Sarana penunjang, seperti alat berat,mobil pengangkut material, tenda-tenda ,perahu karet sangat kurang , kami juga menghimbau kepada Pokja dan Relawan Bencana Daerah harus sigap dan penuh semangat ketika bencana itu melanda wilayah-wilayah rawan bencana,,!" Pungkasnya.

Asep Muhammad Rizal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan