Mohon tunggu...
Asep Rizal
Asep Rizal Mohon Tunggu... Penulis

baik-baik sehat selalu dan banyak rezeky,tidak punya utang lahir maupun bathin,kaya raya Jaya Abadi Selamanya.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Bila Dana Desa Diakhiri, Pemerintahan Jokowi Akan Punya Catatan Buruk

10 Juli 2020   11:15 Diperbarui: 10 Juli 2020   11:29 26 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bila Dana Desa Diakhiri, Pemerintahan Jokowi Akan Punya Catatan Buruk
dok. pribadi

Kompasiana.com,10/07/2020:

Rumor akan dihentikannya Dana Desa oleh Pemerintahan Joko Widodo kini semakin mencuat , persoalan itu disinyalir buah dari kebijakan penanganan covid-19 yang menurut cerita berbuntut buruk pada proses jalannya keuangan negara.

****

Berdasarkan susunan APBN 2020 terbaru, total dana desa yang bakal digulirkan oleh pemerintah pada tahun ini mencapai Rp71,19 triliun, sedikit turun dari susunan awal sebelum mewabahnya Covid-19 yang mencapai Rp72 triliun.

Dari data Kementerian Keuangan, tercatat dana desa yang akan difungsikan sebagai bansos mencapai Rp21 triliun.@by data.

****

Ironis dan tidak mendasar menurut saya ,karena setidaknya pemerintah republik indonesia yang telah hampir menyatakan bahwa negara ini adalah negara yang paling kuat di Asia Tengara dalam persoalan keuangan.

Saya pun berpendapat sama dengan orang-orang desa yang menyatakan bahwa ketika kebijakan itu dinyatakan dan dilakukan hal  ini merupakan preseden buruk bagi keberlangsungan pemerintahan Jokowi ketika masa Pemerintahannya akan berakhir di tahun 2024 yang akan datang.

Saya sempat menyebutkan bahwa pemerintahan Jokowi adalah pemerintahan paling hebat tersebut ketika berhasil menggulirkan dana desa dengan Nominal yang sangat dramatis ketika itu (1,4 Milyard/Pemdes di seluruh Indonesia) setelah saya pun mengetahui bahwa sebelum Dana Desa (pada tahun 2014-hingga sekarang)   yang lalu digulirkan dengan pola langsung ke rekening Pemdes masing-masing seluruh jagat nusantara.

Geliat desa terlihat denyutannya, para warga desa disekitaran rumah tinggal saya di Kabupaten Tasikmalaya nampak sumringah, pegawai desa nampak sibuk mencari anak-anak muda cerdas yang tahu akan administrasi dan tatacara laporan keuangan semua terlihat hidup, kantor-kantor desa nampak semerbak "semua kantor desa di wilayah Kabupaten Tasikmalaya" nampak bak sebuah perkantoran elite dengan design yang indah pantas kita sebut sebagai miniatur kantor pelayanan pemerintahan yang credible.

Jalan (Infrastrukture) kampung-kampung yang dulunya hanya tanah merah dan apabila musim penghujan terlihat bak kubangan kerbau kini terlihat asri dan layak disebut jalan umum yang bisa dipakai manfaat warga mengembangkan untuk mendongkrak  ekonomi traditional-nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x