Mohon tunggu...
Asep Rizal
Asep Rizal Mohon Tunggu... Penulis

baik-baik sehat selalu dan banyak rezeky,tidak punya utang lahir maupun bathin,kaya raya Jaya Abadi Selamanya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Hebat, Pemuda Desa Sukalillah Akan Gelar Pelatihan Membuat Pupuk di Cimande

22 Agustus 2019   15:16 Diperbarui: 22 Agustus 2019   15:37 58 0 0 Mohon Tunggu...
Hebat, Pemuda Desa Sukalillah Akan Gelar Pelatihan Membuat Pupuk di Cimande
dokpri

Keterngan Foto: Kelompok Tani Gempita Pangangonan Ketika Berhasil Memanen Jagung di Lahan yang akan 

Gerakan Pemuda Tani Indonesia Kabupaten Ciamis akan menyelenggarakan kegiatan Peningkatan kapasitas Pemuda Tani dan Pembuatan pupuk serta Pestisida Smoke Liquid di Desa Janggala Kecamatan Cidolog Kabupaten  Ciamis pada tanggal 27 -30 Agustus 2019 yang akan datang.

sumber: agricamp
sumber: agricamp
Kegiatan  ini rencananya akan  bekerjasama dengan pemerintah Desa setempat  , Keterlibatan lebih lanjut lagi Rencananya bersama para Pembimbing  Penyuluh Pertanian BPP Kec Cidolog, dan Segenap element Kelompok Tani Gempita Pangangonan.

dokpri
dokpri
Bahkan menurut Kabar yang didengar penulis bahwa Kegaiatan tersebut akan dihadiri 100 -an Pemuda Tani Desa Janggala,yang terdiri dari kelompok Tani Gempita Pangangonan, Poktan Sauyunan, dan Karang Taruna Yogaswara 6.

dokpri
dokpri

Menurut Ivan  (29) ketua panitia kegiatan" Kegiatan ini digagas atas dasar kemandirian pangan di desa janggala kecamatan cidolog,,!" Tuturnya .

Dia Pun  sempat menyebutkan bahwa "kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan kemandirian pangan, sebelum musim tanam tiba kita ingin kawan kawan pemuda tani mampu membuat pupuk dan pestisida sendiri, sehingga tingkat ketergantungan dengan pembelian pupuk dan pestisida bisa dikurangi,ini jelas bisa memangkas biaya pemeliharaan tanaman" tuturnya pula.

dokpri
dokpri
Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di pangangonan  selama kurang lebih rencana kerja untuk  tiga hari.

"Lokasi pelaksanaan  kegiatan kita fokuskan  di pangangonan, kita ketahui dulu bahwa lokasi tanah pengangonan  ini adalah tanah kas Desa Janggala  yang telah  diolah oleh kelompok tani Gempita Pangangonan sejak 2018 yang lalu, jadi ini merupakan lahan perjuangan kami menuju swasembada pangan dan salah satu tujuannya adalah kami harus menekan angka urbanisasi Warga Muda ( pemuda desa) agar tidak meninggalkan Kampung Halaman nya dengan Alasan  tidak adanya Kegiatan Usaha di Kampung Sukalilah  ini , dan Alhamdulillah hari ini kita sudah punya hamparan Tanah olahan kurang lebih 6 Hektare yang sudah siap tanam " Jelasnya.

dokpri
dokpri
Senada dengan Ivan , Dede (52) Pejabat Kepala Desa Janggala menjelaskan, kegiatan ini kami dukung sepenuhnya dan sebisanya pihak Pemdes Janggala , sebab kami ingin generasi muda di Desa Janggala menjadi mandiri, mampu mengelola potensi desa yang ada, tentunya  untuk kesejahteraan  warga pada Khususnya,,!" Ucapnya.

Selain itu, PLT Kades Janggala pun sempat  mengucapkan Banyak terimakasih Kepada Gerakan Pemuda tani Indonesia, karena telah membina para pemuda di wilayahnya menjadi lebih produktif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN