Mohon tunggu...
Asep Rizal
Asep Rizal Mohon Tunggu... Penulis

baik-baik sehat selalu dan banyak rezeky,tidak punya utang lahir maupun bathin,kaya raya Jaya Abadi Selamanya.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Curhat Mang Jojo, Mantan Penjaga Karcis Cipanas Galunggung Tasikmalaya, Mengharukan!

25 September 2018   07:47 Diperbarui: 25 September 2018   12:02 0 1 1 Mohon Tunggu...
Curhat Mang Jojo, Mantan Penjaga Karcis Cipanas Galunggung Tasikmalaya, Mengharukan!
Foto Mang Jojo Mantan Penjaga Karcis Objek Wisata Galunggung.

Cipanas Galunggung Kab Tasikmalaya, 25/09/2018

Saya kenal Mang Jojo Telah lama, dia adalah seorang pengabdi, kerjanya di objek wisata Cipanas Galunggung. Menurut Pengakuannya dia telah mengabdi selama 43 tahun sebagai Salah seorang yang ditugaskan okeh Disparbud, Dinas Pariwisata (dulu Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat) ,"Saya bekerja siang malam penuh tanpa ada Istilah liburan!", Ucapnya ketika dia ngobrol dengan Media.

"Harapannya mah agar saya diperhatikan Full juga oleh dinas Terkait di hari tua model hari ini itu nantinya!" Ucapnya pula.

Namun, Harapan tinggal harapan, belum lama ini Mang Jojo diberhentikan oleh Dinas yang mengangkatnya untuk bekerja di Tempat Pemungutan Karcis masuk ke Objek Cipanas Galunggung tersebut dengan alasan bahwa dia sudah tua.

Singkat cerita "Tanpa Secuil Penghargaan pun", Mang  Jojo dapatkan dari upaya pengabdianya di tempat wisata yang terkabarkan sebagai pundi-pundi uang hasil PAD Pemkab setempat tersebut.

Kini Mang Jojo Hanya pasrah menerima nasibnya. Namun Saya juga sempat dibuat heran, ketika saya melihat KTP Mang Jojo, di sana tertera pekerjaannya sebagai PNS. Keherananan saya pun sempat ditanyakan kepada dirinya. Nah...pass ditanya "Kan Mang Jojo Mah, PNS? kenapa Mesti Bingung?"

KTP-Mang Jojo Tertera PNS ? Padahal Bukan PNS
KTP-Mang Jojo Tertera PNS ? Padahal Bukan PNS
Mang Jojo  Senyum dikulum dia tersipu menjawab "Dek, Hanya karena Mamang Jojo suka pake baju seragam Pemda jadi mereka menyebut Mang Jojo adalah pagawai  Nagri!" Ucapnya dengan Logat Kental Sundanya.

Saya pun sempat Meminta Komentar dari H. Hidayat Muslim seorang anggota fraksi PPP DPRD Kab Tasikmalaya, dia Menjelaskan bahwa "Banyak pegawai pada sektor-sektor pekerja seperti Pak jojo yang lain yang nasib di hari tuanya tak menentu, padahal menurut saya mereka-meraka lah yang sangat  berkontribusi terhadap PAD kita. InsyaAlloh, say apun akan segera Membahas hal ini di DPRD Kabupaten Tasikmalaya bersama Dinas dan Lembaga terkait lainnya tentang Persoalan hal tersebut!" Ucapnya Lugas.


Asep Muhammad Riza

VIDEO PILIHAN