Mohon tunggu...
Asalaja
Asalaja Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Cerpen Pemula

Suka nulis cerpen yang out of the box

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Membedakan Mana Oli yang Terbaik untuk Motor Matic dan Manual

26 September 2021   23:05 Diperbarui: 3 Oktober 2021   17:56 56 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Membedakan Mana Oli yang Terbaik untuk Motor Matic dan Manual
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Oli terbaik pada skutik merupakan bagian wajib untuk diperhatikan secara berkala. Mengingat fungsi dari oli sendiri sebagai pelumas sekaligus pendingin dari panas hasil pembakaran dalam silinder. Tidak hanya itu, oli berperan penting sebagai peredam getaran, mengurangi gesekan komponen mesin, pembersih kotoran, dan sebagai anti karat pada mesin. 

Bagaimana Cara Membedakan Oli Terbaik untuk Motor Matic dengan Manual?

Dalam menjaga kualitas serta ketahanan mesin motor matic, tentu tidak bisa sembarangan dalam memilih jenis oli untuk motor yang Anda gunakan. Hal ini karena akan mempengaruhi sistem kerja motor matic menjadi tidak stabil.

Harga motor matik relatif murah dan efisien dalam penggunaannya membuat motor jenis skuter banyak diminati masyarakat. Hal ini membuat banyak produsen oli berlomba-lomba memproduksi beragam oli. Banyaknya produk oli kadang membuat konsumen ikut bingung mana oli yang cocok. Berikut ini tips membedakan oli motor untuk matic, dan oli yang digunakan untuk motor manual.

Lihat Kode Jaso yang Terletak di Kemasan Oli Motor

Cara paling mudah untuk menentukan apakah oli tersebut memang difungsikan untuk motor matic atau bukan, yakni dengan melihat kode jaso yang merupakan kepanjangan dari Japanese Automotive Standard Association.

Kode Jaso MB umumnya digunakan untuk oli motor matic, sementara Jaso MA, berarti digunakan untuk oli motor manual. Kode MB sendiri merupakan sebuah identitas kandungan Molibdenum di dalamnya, yang berfungsi untuk menambah tingkat pelumasan pada mesin matic.

Sedangkan MA memiliki artian sebagai kandungan zat aditif yang ada di dalamnya, berupa senyawa yang berfungsi untuk membuat kopling menjadi presisi. Jika motor manual menggunakan oli yang digunakan untuk motor matic, akan membuat gigi pada motor ini bertransmisi dan akan menjadi kasar.

Lihat Kekentalannya

Hal yang selanjutnya, perhatikan kekentalan pada oli tersebut. Untuk oli manual, biasanya memiliki kekentalan yang lebih jika dibandingkan dengan oli motor matic. Hal tersebut, dikarenakan pada oli manual memiliki sistem kerja serta fungsinya untuk membuat kopling agar menjadi lebih presisi.

Sementara untuk motor matic, memiliki tekstur yang lebih encer. Hal tersebut karena oli motor matic memiliki fungsi untuk memberi perlindungan kepada mesin motor tersebut. Sebaiknya Anda teliti dalam memilih oli terbaik untuk melindungi mesin motor matic Anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan