Mohon tunggu...
M AsadFirdaus
M AsadFirdaus Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - ASN Pada Kementerian Keuangan

Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Manfaat dan Dampak Sosial Pemanfaatan BMN Terminal Multipurpose Labuan Bajo, NTT

24 Oktober 2021   20:38 Diperbarui: 24 Oktober 2021   20:43 124 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sumber Foto.  Dokumentasi Pribadi Penulis

Pelabuhan dan terminal memiliki peranan penting sebagai titik pertemuan antar moda transportasi dan sebagai salah satu pintu gerbang strategis untuk aktivitas ekonomi sehingga pelabuhan menjadi penting dalam pembangunan ekonomi suatu wilayah dalam skala domestik maupun internasional. Pembangunan ekonomi di kawasan pelabuhan dapat menimbulkan dampak (multiplier effect) terhadap seluruh sektor ekonomi, termasuk penciptaan kesempatan kerja dan penerimaan pemerintah, baik pusat maupun daerah. 

Perroux (1950) mendefinisikan Growth Pole sebagai suatu kumpulan industri yang mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah karena industri tersebut mempunyai kaitan ke depan (forward linkage) dan kaitan ke belakang (backward linkage). Kunci dari perkembangan ekonomi pada suatu wilayah adalah adanya suatu industri yang merangsang industri lain, sehingga terjadi koneksi ekonomi yang dinamis yang bisa memicu berbagai aktivitas ekonomi yang mampu membuka lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat. 

Kunci dari perkembangan ekonomi pada suatu wilayah adalah adanya suatu industri yang merangsang industri lain. Investasi atas pengoperasian Terminal Wae Kelambu yang cukup besar tersebut seharusnya dapat menumbuhkan growth pole (kutub pertumbuhan) baru yang dapat menstimulus perekonomian di Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Dalam rangka menunjang aktivitas kepelabuhan, pemerintah membangun Terminal Multipurpose Wae Kelambu, Pelabuhan Labuan Bajo menggunakan dana APBN. Selanjutnya atas Barang Milik Negara ini akan dilakukan pemanfaatan BMN dengan Mekanisme Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) Barang Milik Negara (BMN) Dalam Rangka Penyediaan Infrastruktur. Barang Milik Negara yang akan dilakukan pemanfaatan melalui mekanisme Kerja Sama Pemanfaatan kepada pihak mitra adalah berupa tanah hasil reklamasi dan dermaga. 

Sumber Foto.  Dokumentasi Pribadi Penulis
Sumber Foto.  Dokumentasi Pribadi Penulis

Terminal Multipurpose Wae Kelambu yang berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dilakukan pemanfaatan melalui mekanisme Kerja Sama Pemanfaatan. Terminal Wae Kelambu ini akan menjadi pusat kegiatan logistik yang sebelumnya berpusat di Pelabuhan Labuan Bajo. Adanya Terminal Wae Kelambu ini memberikan manfaat dan dampak sosial terhadap masyarakat yang ada di wilayah tersebut. 

Manfaat sosial atas pemanfaatan BMN tersebut adalah sebagai berikut: 

  1.  Peningkatan utilitas pengangkutan peti kemas dan kargo yang membuat efiseiensi pengangkutan barang sehiingga dapat  menurunkan biaya dan waktu dalam pengangkutan barang logistik. 
  2. Membuat distribusi logistik yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi lebih lancar, karena tidak bersamaan dengan pelayanan kapal penumpang.
  3. Mendukung peningkatan pariwisata di Labuan Bajo karena dengan adanya Terminal Wae Kelambu, maka aktivitas kapal penumpang akan beroperasi penuh pada pelabuhan Labuan Bajo.

Dampak sosial atas pemanfaatan BMN tersebut adalah sebagai berikut: 

  1. Meningkatkan aktivitas perekonomian di sekitar wilayah Terminal Wae Kelambu dan di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  2. Penurunan angka tingkat pengangguran wilayah dengan adanya peningkatan lapangan pekerjaan dan aktivitas perekonomian. 
  3. Menstabilkan harga-harga logistik dengan adanya efisiensi dan efektivitas arus barang logistik di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selain manfaat dan dampak sosial, negara juga memperoleh manfaat ekonomi. Manfaat ekonomi yang dihasilkan atas pemanfaatan BMN Terminal Multipurpose Wae Kelambu terdiri atas manfaat penyerapan tenaga kerja, manfaat melalui pendapatan Pemerintah Daerah berupa pajak daerah yang dibayarkan dan manfaat melalui pendapatan Pemerintah Pusat berupa Kontribusi Tetap, Pembagian Keuntungan, dan Pajak Penghasilan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan