Mohon tunggu...
Aryobimo Bharadian
Aryobimo Bharadian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang sedang belajar ilmu dari barbagai sektor

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa UNDIP Berikan Edukasi Mengenai Budidaya Perikanan KJA-BB

9 Desember 2021   20:36 Diperbarui: 9 Desember 2021   20:42 47 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Edukasi Masyarakat (DocPribadi/Bimo)

Desa Karimunjawa, Kabupaten Jepara memiliki wilayah yang terdiri dari 27 pulau, dimana 5 diantaranya merupakan pulau berpenghuni yaitu pulau Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting. Mayoritas penghasilan penduduk setempat berasal dari hasil laut sehingga menyebabkan berkurangnya stock ikan ekonomis di alam. Padahal belum program untuk mempertahankan populasi ikan dialam sehingga dikhawatirkan terjadi Overfishing yang menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem.

Berdasar hal tersebut, Mahasiswa KKN Tematik MF Kedaireka FSM UNDIP 2021 membuat program kerja yang berkaitan dengan masalah tersebut, Salah satunya Aryobimo Bharadian yang melaksanakan kegiatan "Edukasi kepada Masyarakat mengenai pentingnya Budidaya perikanan dan Keramba Jaring Apung sebagai Media Budidaya".

Kegiatan ini dilaksanakan pada 14 September 2021 dengan sasaran Masyarakat sekitar karimunjawa. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini mengikuti Protokol Kesehatan yang berlaku di daerah tersebut karena Kondisi yang masih dalam Pandemi COVID-19, Sehingga kegiatan edukasi dilakukan secara perorangan atau Person to Person.

Hal yang disampaikan berkaitan dengan penyadaran masyarakat mengenai Kelebihan Budidaya dan pengaruhnya dalam menghadapi Overfishing, Pentingnya Budidaya, Definisi serta peran Keramba Jaring Apung dalam kegiatan Budidaya, dan Pengolahan Hasil Budidaya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol Kesehatan yang berlaku, selain itu diperoleh juga respon positif dari masyarakat mengenai hasil edukasi yang diberikan. Masyarakat mengetahui dan muncul keinginan untuk merubah sumber penghasilan menjadi Pembudidaya berbasis Keramba Jaring Apung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan