Mohon tunggu...
Aryasatya
Aryasatya Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Musik

Media Sosial dan Musik

12 Januari 2019   08:28 Diperbarui: 12 Januari 2019   08:33 0 1 0 Mohon Tunggu...

Pastinya sahabat -- sahabat disini tahu tentang Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya. Platform tersebut adalah salah satu bentuk media sosial. Gunanya adalah sebagai media bersosalisai dengan banyak orang, missal, keluarga, teman, sahabat, rekan kerja dan lain sebagainya, juga sebagai tempat untuk mendapatkan informasi terupdate. Banyak sekali maanfat yang dapat kita ambil dari sosial media, salah satunya dalam bidang musik.

Sosial media dapat dikatakan memiliki banyak sekali manfaat, mendapatkan informasi dan menghibur adalah salah satu dari sekian banyak manfaat yang dapat kita ambil. 

Dalam perkembangan musik yang ada di Indonesia, keberadaan sosial media sangat membantu sekali pada pertumbuhan musik. Sosial media dapat digunakan sebagai media pemasaran band, komunitas, label record, event -- event konser dan lain sebagainya. Dan hal itu dampaknya sangat besar.

Penggunaan sosial media bagi para musisi ternyata ikut andil peran dalam penjualan karya musiknya. Fokus musisi bukan hanya bagaimana karya itu terbentuk, bagaimana musiknya tercipta namun juga bagaimana strategi penjualannya. 

Dengan adanya sosial media, semakin bertambahnya media untuk memasarkan karya -- karyanya. Data menyebutkan bahwa keaktifan para musisi dalam sosial media ikut membantu penjualan karya tersebut.

Di sisi pendengar atau pembeli karya musik, muculnya lagu di radio, informasi di media sosial termasuk Youtube, Instagram, Twitter hingga Facebook akan mempermudah pendengar untuk mendapatkan informasi tentang musik dan pada akhirnya mendorong mereka untuk membeli karya. 

Jadi Media sosial juga berperan dalam melakukan prediksi dalam hal penjualan album para musisi. Hal ini juga baik dampaknya karena para musisi juga dapat melakukan research tentang keinginan masyarakat agar karya dapat diterima ditiap hati masyarakat.

Jadi media sosial sangat berdampak pada perkembangan musik di Indonesia bahkan juga luar negeri. Apalagi penggunaan media sosial sudah menjadi sebuah trend ditiap kalangan masyarakat. Media tersebut harus kita gunakan sebaik -- baiknya agar mendapatkan manfaat yang maksimal.