Mohon tunggu...
Arya Dwi Saputro Azi
Arya Dwi Saputro Azi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unniversitas Muhammadiyah Yogyakarta

menjadi sebaik-baiknya atau malah sebaliknya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Malam Hari yang Indah Bersama Tunanetra Bersuara Merdu

9 Desember 2021   01:37 Diperbarui: 9 Desember 2021   14:21 393 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyanyi tunanetra yang sedang menyanyikan lagu “Hilang Tapi Ada” dari penyanyi Judika di depan Mall Malioboro (29/11/2021)-dokpri

Yogyakarta - Senin malam yang di selimuti oleh udara dingin di tengah keramaian Malioboro, serta sangat terdengar jelas suara berisik kendaraan dari ramainya Kota Yogyakarta, namun senyumannya tetap manis ketika ia membuka maskernya untuk bernyanyi dan semangat dalam diri orang ini lebih panas dari lahar merapi.

Deden Abdurrahman (30) penyanyi tunanetra yang kini menjadi salah satu  penghibur di jalanan Malioboro yang paling banyak menarik perhatian wisatawan yang datang dari berbagai daerah. 

Dengan suaranya yang merdu, tidak sedikit pengunjung yang memuji suara merdunya. Penyanyi bersuara merdu di Malioboro Yogyakarta ini sempat viral pada tahun 2019 sebagai salah satu penyanyi hebat yang tidak bisa melihat atau yang biasa disebut dengan tunanetra.

Deden Abdurrahman ini berkelahiran di Kota Bogor yang besar di Lombok dan pindah merantau di Kota Yogyakarta pada tahun 2015 hingga sekarang, awal mulanya beliau hanya berbekal rekomendasi dari temannya dikarenakan suaranya yang sangat merdu, sehingga Deden mengawali jalan dan karier pilihannya sebagai penyanyi bersama komunitas tunanetra Malioboro yang bernama Musisi Jaya Musik Malioboro Group. Dari komunitas inilah, Deden Abdurrahman mendapatkan akses untuk memiliki “panggung” sendiri di Malioboro.

Selama enam tahun bernyanyi di Malioboro, Deden mengatakan ia sering dihampiri oleh para pengunjung seusai menonton penampilannya, serta biasanya mereka akan mengajak Deden untuk bercengkrama sejenak sambil memuji kemampuan bernyanyi Deden, tidak jarang pula Deden membagikan kisah hidupnya dengan pengunjung yang penasaran tentang perjalanan karier Deden.

Bukan hal itu saja, Deden pernah dipanggil di acara tv seperti Hitam Putih dan Brownis sehingga membuatnya tambah viral sehingga Deden Abdurrahman beserta dua temannya pun berfikir ingin membuat akun youtube dan akhirnya pada tahun 2019 setelah viral menyanyikan lagu agnes,  beliau membuat akun youtube.

 “Kalau channel ini berkembang terus, saya tidak ingin menggunakan hartanya semata-mata hanya untuk keperluan pribadi saja melainkan untuk keperluan menyekolahkan orang sekitar yang kurang mampu,” kata Deden.

Tidak sulit menemui Deden di sisi jalan Malioboro. Deden memiliki lokasi tetap untuk bernyanyi yaitu di lokasi sekitaran Mall Malioboro. Sebelum memiliki lokasi tetap, Deden mengatakan kalau ia sering berpindah-pindah tempat sampai ke ujung jalan Malioboro. 

“Dulu sebelum ada kebijakan lokasi tetap, saya biasanya berpindah tempat dari selatan Malioboro sampai ke utara" kata Deden.

Banyak mendapatkan pengalaman positif, Deden mengakui bahwa selama ia bernyanyi di Malioboro beliau tidak pernah mendapatkan pengalaman yang negatif baik dari pengunjung maupun dari pihak lainnya. Ia juga mengatakan bahwa semua penampil di Malioboro biasanya akan selalu dijaga ketat oleh tim keamanan Malioboro yang disebut sebagai Jogoboro.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan